Permohonan Menempuh Ulang Matakuliah
Berikut adalah tahapan pengajuan menempuh ulang mata kuliah di Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM):
- Persiapkan Dokumen:
- Pastikan Anda memiliki Kartu Hasil Studi (KHS) dari mata kuliah yang ingin Anda ulang pada semester sebelumnya.
- Isi Formulir Permohonan menempuh ulang mata kuliah yang dapat diunduh pada situs resmi Pascasarjana UM.
- Isi formulir dengan lengkap, termasuk identitas mata kuliah yang ingin Anda ulang, angkatan, kelas/offering, dan jadwal perkuliahan.
- Ajukan Permohonan:
- Setelah mengisi formulir, ajukan permohonan ke dosen pembina mata kuliah dan koordinator program studi.
- Dosen pembina dan program studi akan menandatangani formulir sebagai persetujuan.
- Ajukan formulir kepada bagian akademik lantai 1 gedung Sekolah Pascasarjana.
Permohonan dan Pendaftaran Ujian
Ujian tulis komprehensif Magister dilaksanakan dalam bentuk pengumpulan proposal tesis lengkap (sertakan instrumen penelitian) yang telah dilegalisasi oleh Tim Pembimbing. Pengumpulan proposal Tesis dapat dilakukan pada link berikut: https://bit.um.ac.id/DAFTAR-KOMPRE
Setelah ujian tulis komprehensif terlaksana, mahasiswa dapat memproses tahapan lanjutan. Keperluan pendaftaran dan keperluan permohonan mahasiswa dapat diakses dengan alur sebagai berikut.
- Pendaftaran ujian sempro S2 dapat diakses pada link: http://bit.ly/formsemprodikdas
- Permohonan ijin observasi dan penelitian dapat diakses pada link: https://bit.ly/ijinpdspps
- Permohonan pengajuan validator dapat mengikuti alur sebagai berikut:
- Pengajuan validator instrumen penelitian Tesis atau Disertasi atas usulan mahasiswa harus disetujui oleh Dosen Pembimbing 1 atau Promotor dengan melampirkan formulir pengajuan yang dapat diunduh pada link: https://bit.um.ac.id/FormValidator.
- Setelah formulir disetujui Dosen Pembimbing 1 atau promotor, mahasiswa selanjutnya mengajukan surat permohonan validasi pada link: https://bit.ly/ijinpdspps.
- Permohonan pembuatan surat ijin KPL dapat diakses pada link: https://bit.um.ac.id/IzinKPL
- Pendaftaran pengajuan ujian Tesis (S2) dapat mengikuti alur sebagai berikut:
- Menemui atau menghubungi admin akademik melalui WA 085707618945.
- Mengumpulkan berkas ujian pada link: http://bit.ly/ujiantesisdikdas.
- Mendaftarkan ujian Tesis melalui link http://simawa.um.ac.id pilih menu Ujian Skripsi/Tesis/Disertasi. Panduan lengkap pendaftaran simawa dapat diunduh pada link: https://drive.google.com/file/d/11PqLWJdxORz2KNZVkmW-FzlVg0Bb5rGa/view?usp=drive_link
- Permohonan ujian Disertasi (S3) dapat diakses pada link: https://bit.um.ac.id/POBUJIANS3
Panduan Cek Plagiasi
Sebelum melaksanakan ujian tesis atau disertasi, mahasiswa mengisi surat pernyataan tentang persetujuan dari pembimbing untuk mengikuti ujian tesis atau disertasi. Surat pernyataan tersebut ditunjukkan ke staf UPM/Fakultas atau satgas yang ditunjuk untuk digunakan pengecekan kemiripan. Tingkat kemiripan yang bisa diterima maksimum 20%. Apabila hasil pengecekan kemiripan memenuhi kriteria yang bisa diterima, mahasiswa mendapatkan sertifikat bebas plagiarisme. Sertifikat tersebut digunakan sebagai persyaratan untuk ujian tesis atau disertasi.
- Mahasiswa mengisi surat pernyataan tentang persetujuan dari pembimbing untuk mengikuti ujian tesis atau disertasi, menyerahkannya kepada staf UPM Pascasarjana/Fakultas atau satgas yang ditunjuk.
- Dalam waktu bersamaan mahasiswa mengunggah file tesis atau disertasi tanpa daftar pustaka dalam bentuk word pada link berikut: http://bit.ly/ujiantesisdikdas
- Staf UPM Pascasarjana/Fakultas atau satgas yang ditunjuk melakukan cek plagiasi naskah proposal tesis atau disertasi yang telah diunggah pada tahap sebelumnya.
- Jika hasil pengecekan kemiripan belum memenuhi syarat minimum, yaitu maksimal 20%, maka staf UPM Pascasarjana/Fakultas atau satgas yang ditunjuk menghubungi mahasiswa melalui email atau WA agar mahasiswa merevisi naskah tesis atau disertasinya. Setelah revisinya selesai, kemudian mahasiswa mengulang lagi langkah (2)
- Jika hasil pengecekan kemiripan memenuhi syarat minimum, yaitu maksimal 20%, maka staf UPM Pascasarjana/Fakultas atau satgas membuat sertifikat bebas plagiasi yang ditandatangani oleh Wakil Direktur/Wakil Dekan 1.
Dokumen Administrasi Akademik Lainnya
Judul Dokumen | Link Unduh/Lihat |
---|---|
Standar Lambang dan Logo UM | https://um.ac.id/profil/lambang/ |
Panduan Unggah Elektronik Tesis dan Disertasi (ETDS) Perpustakaan Pascasarjana | https://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/03/Panduan-Unggah-Mandiri-30-Maret-2017.pdf |
Denah Lokasi Pascasarjana | https://drive.google.com/file/d/1y1imD3qZCrPyk5t-CV6vXXAmopNhepbk/view?usp=sharing |
Brosur S2 Pendidikan Kejuruan | https://drive.google.com/file/d/12upGD4h6oL9DWIwH56FalLOt3Z5zJdnB/view?usp=sharing |
Brosur S2 Pendidikan Dasar | https://drive.google.com/file/d/1kd8KSyVJJKzoEqZumCTKLqg_mCw2KoMc/view?usp=sharing |
Brosur S3 Pendidikan Kejuruan | https://drive.google.com/file/d/1Vyo-Zz497F9HBlJ3Iw-4WMA4F364nN-L/view?usp=sharing |
Brosur S3 Pendidikan Dasar | https://drive.google.com/file/d/1kd8KSyVJJKzoEqZumCTKLqg_mCw2KoMc/view?usp=sharing |