STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM DOKTOR

 

PENGELOMPOKAN MATAKULIAH

Keg.

Sks/js

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

I. PROGRAM PERKULIAHAN (22 Sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Landasan Keilmuan dan Pendidikan (6 Sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

DIP602 Wawasan Pendidikan

S/M/R

3

x

 

 

 

 

 

DIP603 Desain penelitian dan Analisis Data 1

S/M/R

2

x-2

 

 

 

 

 

DIP603 Desain penelitian dan Analisis Data II

 

2

 

x-2

 

 

 

 

2. Spesialisasi Bidang Studi (14 Sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

MAT621 Filsafat pendidikan Matematika

S/M

3

x

 

 

 

 

 

MAT622 Psikologi Kognitif Belajar Matematika

S/M

3

x

 

 

 

 

 

MAT623 Studi Mandiri I: Analisis hasil penelitian pendidikan matematika sekolah I

S/M/R

2

 

x

 

 

 

 

MAT624 Studi Mandiri II: Analisis hasil penelitian pendidikan matematika sekolah II

S/M/R

2

 

 

x

 

 

 

MAT631 Kajian Matematika Sekolah

S/M

2

x

 

 

 

 

 

MAT632 Fuzzy Theory

S/M

2

x

 

 

 

 

 

MAT633 Analisis

S/M

2*

 

 

 

 

 

 

MAT634 Aljabar

S/M

2*

 

x

 

 

 

 

MAT635 Matematika Diskrit

S/M

2*

 

 

 

 

 

 

MAT 636 Kapita Selekta Matematika Sekolah

S/M

2**

 

 

 

 

 

 

MAT 637 Assesmen Matematika

S/M

2**

 

x

 

 

 

 

II. DESERTASI (28 Sks)

 

 

 

 

 

 

 

 

Cakupan Kegiatan:

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       DIS 691 Seminar: Pengembangan Penelitian Pendidikan Mat. Sekolah I

S

2

 

X (2)

 

 

 

 

2.       DIS 692 Seminar: Pengembangan Penelitian Pendidikan Mat. Sekolah II

 

 

 

 

 

 

 

 

3.       DIS 694 Seminar Proposal Penelitian

S

2

 

 

x-2

 

 

 

4.       Bimbingan dan Penyusunan Disertasi

S

4

 

x

x-4

 

 

 

 

R

20

 

-4

 

x-8

x-6

x-2

JUMLAH sks

 

50

14

12

8

8

6

2

Keterangan:
* pilih salah satu untuk input S2 Pendidikan Matematika
** pilih salah satu untuk input S2 Matematika

 

DESKRIPSI MATAKULIAH S3 PENDIDIKAN MATEMATIKA

Matakuliah Wajib

 

DIP602 Wawasan Pendidikan: 2 Sks

Mengkaji masalah-masalah pendidikan yang mendasar dengan menggunakan wawasan makro termasuk yang merupakan issu yang dihadapi negara/bangsa Indonesia serta kaitannya dengan pilihan dan keputusan kebijakan. Pokok-pokok yang diketengahkan antara lain: pengertian tentang masalah; issu dan kebijakan pendidikan; issu penting   dalam pendidikan dan kebijakan penanggulangannya (pendidikan dan pembangunan; pendidikan dan persekolahan; upaya-upaya perbaikan pendidikan).

 

DIP603 Disain Penelitian dan Analisis Data I :2 Sks

Mempelajari beberapa modus serta alternatif pola penelitian dalam bidang kependidikan seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, atau pola-pola lain; penggunaan berbagai teknik dan uji statistik serta pendekatan dan prosedur analisis data kuantitatif; penafsiran, pemaknaan, dan pengambilan kesimpulan dalam penelitian kualitatif.

 

DIP603 Disain Penelitian dan Analisis Data II :2 Sks

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari matakuliah Desain Penelitian dan Analisis data I. Pada matakuliah ini, mahasiswa mempelajari beberapa modus serta alternatif pola penelitian lanjutan dalam bidang kependidikan seperti penelitian kualitatif, kuantitatif, atau pola-pola lain; penggunaan berbagai teknik dan uji statistik lanjutan serta pendekatan dan prosedur analisis data kuantitatif; penafsiran, pemaknaan, dan pengambilan kesimpulan dalam penelitian kualitatif.

 

MAT621 Filsafat Pendidikan Matematika :3 Sks

Mempelajari hakekat ilmu pengetahuan dari sudut pandang ontologi, epistimologi, aksiologi, dan etika. Pokok-pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran, dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; etos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan. Selain itu juga membahas  filsafat  matematika:  kritik  terhadap  beberapa  aliran, konstruksi sosial sebagai filsafat matematika, filsafat pendidikan matematika, beberapa ideologi pendidikan matematika, hirarki dalam matematika, belajar, kemampuan dan masyarakat, investigasi; problem solving, dan pedagogi.

 

MAT622 Psikologi Kognitif Belajar Matematika :3 Sks

Mengkaji psikologi kognitif antara lain: teori-teori belajar Piaget, Vygotsky dsb, karakteristik matematika, representasi matematika dalam pikiran, struktur dan proses kognitif serta pengembangan pembelajaran dalam matematika sekolah. Penilaiannya adalah Lulus (L) dan Belum Lulus (BL).

 

MAT623 Studi Mandiri I:Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah I:  2 Sks

Menganalisis pendidikan matematika di sekolah dan problemanya di luar negeri dan dalam negeri kemudian mengembangkan pendidikan matematika di Indonesia terkait dengan bahasa, etnik, dan budaya. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas untuk disajikan dalam diskusi kelas. Penilaiannya adalah Lulus (L) dan Belum Lulus (BL).

 

MAT 624 Studi Mandiri II: Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah II: 2 Sks

Matakuliah ini merupakan lanjutan dari studi mandiri I. Dalam matakuliah ini, mahasiswa mendapat kesempatan lebih luas dalam menganalisis pendidikan matematika di sekolah dan problematikanya di luar negeri maupun dalam negeri. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk pemberian tugas untuk disajikan dalam diskusi kelas dan seminar. Penilaiannya adalah lulus (L) dan belum lulus (BL).

 

MAT631 Kajian Matematika Sekolah: 2 Sks

Matakuliah ini membahas belajar dan pembelajaran matematika, merancang kurikulum matematika sekolah dan perkembangannya, dan membahas masalah-masalah esensial di sekolah. Dalam kegiatannya, mahasiswa diminta untuk mengkaji masalah-masalah yang berkaitan dengan materi esensial di sekolah beserta belajar dan pembelajarannya, serta mengkaji kurikulum. Selanjutnya mahasiswa menyajikannya di kelas untuk didiskusikan. Materi esensial diharapkan dapat ditemukan langsung oleh mahasiswa dengan mengamati pembelajaran di sekolah.

 

MAT632 Fuzzy Sets Theory :2 Sks

Membahas hubungan himpunan biasa dan himpunan fuzzy, logika klasik dan logika fuzzy, operasi pada himpunan fuzzy, relasi fuzzy, ukuran fuzzy, dan aplikasi teori fuzzy.

 

Matakuliah Pilihan

 

MAT633 Analisis: 2 Sks

Membahas himpunan terurut, topologi, kekonvergenan, kekontinuan, separasi, kekompakan, ruang bernorm, kategori, ruang Banach, ruang Hilbert, aljabar Banach, aljabar Fungsi, dan teori Spectral.

 

MAT634 Aljabar: 2 Sks

Membahas secara singkat tentang grup, ring dan daerah ideal, membahas aljabar linear lanjut yang meliputi ruang vektor, transformasi linear, teorema isomorfisme, modulo, modulo atas daerah ideal utama, struktur operator linear, vektor eigen dan nilai eigen.

 

MAT635 Matematika Diskrit: 2 Sks

Membahas pengenalan hipergraph yang meliputi dual, derajat, keluarga irisan, pewarnaan sisi, hipergraph konformal, graph representatif, himpunan tranversal dan matching. Juga membahas pengenalan teori pengkodean yang meliputi definisi dasar, muatan, decoding, kode sempurna, kode dual, koreksi ganda kesalahan, dan kode siklik.

 

MAT 636 Kapita Selekta :2 Sks

Matakuliah ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengkaji berbagai rekomendasi sistem pembelajaran matematika sekolah yang dihasilkan oleh pengembang, antara lain: NCTM (The National Council of teachers of Mathematics), RME (Realistics Mathematics Education), CTL (Contextual Teaching and Learning), CLD (Constructivist Learning Design), serta rekomendasi yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian. Melalui kajian tersebut, diharapkan mahasiswa mampu memetakan elemen-elemen penting untuk mendesain struktur pembelajaran matematika di sekolah.

 

MAT637 Asesmen Matematika : 2 Sks

Membahas dasar-dasar penilaian berbasis kelas, mengembangkan penilaian berdasarkan  aspek-aspek  kompetensi  matematika  (pemahaman  konsep, penalaran & komunikasi, koneksi, pemecahan masalah), dan mengembangkan instrumen penilaian berdasarkan aspek-aspek matematika.

 

DISERTASI : 28 Sks

 

DIS691 Seminar: Pengembangan Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah I: 2 Sks

Mengkaji dan mengulas secara kritis teori, model, metodologi dan hasil- hasil research matematika sekolah dari jurnal nasional dan internasional. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk: (1) pemberian tugas untuk disajikan dalam seminar kelas, yang diberi bobot 2 Sks, dan (2) menyajikan paper (makalah) dalam seminar nasional, minimal 3 kali, dan (3) menulis paper di jurnal ilmiah. Peserta diharapkan memahami hasil-hasil penelitian secara substantif dan dapat memanfaatkannya sebagai model penelitian disertasinya. Hasil akhir yang diharapkan dari seminar ini adalah mantapnya bidang-bidang yang diteliti dan metodologi penelitian untuk penulisan disertasi masing-masing mahasiswa sesuai dengan bidang studinya.

 

DIS692 Seminar: Pengembangan Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah II : 2 Sks

Matakuliah ini merupakan lanjutan dri matakuliah Pengembangan Penelitian Pendidikan matematika Sekolah I. Pada matakuliah ini, mahasiswa mengkaji dan mengulas secara kritis teori, model, metodologi dan hasil-hasil research matematika sekolah dari jurnal nasional dan internasional. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk: (1) pemberian tugas untuk disajikan dalam seminar kelas, yang diberi bobot 2 Sks, dan (2) menyajikan paper (makalah) dalam seminar nasional, minimal 3 kali, dan (3) menulis paper di jurnal ilmiah. Peserta diharapkan memahami hasil-hasil  penelitian lanjutan  secara  substantif  dan  dapat  memanfaatkannya sebagai model penelitian disertasinya. Hasil akhir yang diharapkan dari seminar ini adalah mantapnya bidang-bidang yang diteliti dan metodologi penelitian untuk penulisan disertasi masing-masing mahasiswa sesuai dengan bidang studinya.

 

DIS650 Seminar Usulan Penelitian : 4 Sks

Peserta perkuliahan menyeminarkan usulan penelitian untuk penulisan disertasi sesuai dengan bidang studinya. Melalui seminar ini usulan penelitian mahasiswa semakin disempurnakan dan dimantapkan. Hasil akhir dari seminar ini adalah usulan penelitian yang disetujui oleh promotor yang merupakan prasyarat untuk mengikuti ujian kualifikasi.

 

DIS650 Bimbingan dan Penulisan Disertasi : 20 Sks

Disertasi adalah karya tulis akademik hasil studi dan/atau penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri dan berisi sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan, atau menemukan jawaban baru bagi masalah-masalah sementara yang telah diketahui jawabannya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru terhadap hal-hal yang dipandang telah mapan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang dilakukan oleh calon doktor di bawah bimbingan para pembimbing. Penelitian dalam rangka penyusunan disertasi adalah kegiatan akademik yang taat kaidah yang menggunakan penalaran empirik atau nonempirik dan memenuhi persyaratan metodologi disiplin ilmu matematika/pendidikan matematika. Masalah yang dikaji dalam disertasi adalah masalah dalam pendidikan matematika di sekolah.

 

id_IDIndonesian