STRUKTUR KURIKULUM S2 PENDIDIKAN SEJARAH

 

Sandi dan Nama Matakuliah

Sks/Js

Semester

I

II

III

IV

A.

Matakuliah Dasar Umum (6 sks)

 

 

 

 

 

1.

MDU801

Metodologi Penelitian Kuantitatif

2/3

2

2.

MDU802

Metodologi Penelitian Kualitatif

2/3

2

3.

MDU803

Statistik Inferensial

2/2

2

Jumlah Sks

6

6

B.

Matakuliah Dasar Keahlian (5 sks)

 

 

 

 

 

1.

MDK811

Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

3/3

3

2.

MDK812

Problematika Pendidikan Bidang Studi Sejarah

2/3

2

 Jumlah Sks

5

5

C.

Matakuliah Keahlian (20 sks)

 

 

 

 

 

1.

MSJ821

Epistemologi dan Metodologi Sejarah

3/3

3

2.

MSJ822

Ilmu-Ilmu Sosial dalam Eksplanasi Sejarah

3/3

3

3.

MSJ823

Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Sejarah

3/3

3

4.

MSJ824

Strategi dan Pengembangan Bahan Pembelajaran Sejarah

3/3

3

5.

MSJ825

Evaluasi Pembelajaran Sejarah

2/3

2

6.

MSJ826

Kapita Selekta Sejarah Dunia

3/3

3

7.

MSJ827

Kapita Selekta Sejarah Indonesia

3/3

3

8.

PPL828

PPL

1/4

1

9.

MSJ829

KKL

0

0

Jumlah Sks

21

3

17

1

D.

Tesis

 

 

 

 

 

1.

TES840

Tesis

6

 

 

 

 

Total

38

 

 

 

 

F.

Matakuliah Prapasca (PRA) Non Sks

Jam

 

 

 

 

1.

PRA800

Kapita Selekta Teori Belajar dan Pembelajaran

12

Sebelum Sm I

2.

PRA801

Kapita Selekta Penelitian Pendidikan

12

Sebelum Sm I

3.

PRA802

Filsafat Sejarah

12

Sebelum Sm I

4.

PRA803

Penelitian Sejarah

12

Sebelum Sm I

Jumlah Jam

48

 

 

 

 

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

  1. MDU801 Metodologi Penelitian Kuantitatif

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai dasar dalam penulisan tesis dengan tekanan pada penelitian kuantitatif. Topik Pembahasan: Pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variabel dan pengukurannya, jenis-jenis penelitia dan penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian.

 

  1. MDU802 Metodologi Penelitian Kualitatif

Membahas prinsip-prinsip dan prosedur dalam melakukan penelitian kualitatif serta penerapannya dalam bidang pendidikan sejarah. Topik Pembahasan: Landasan teoretik dan filosofis, rancangan dan data penelitian kualitatif, kerja lapangan, analisis data serta penulisan laporan penelitian.

 

  1. MDU803 Statistik Inferensial

Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak dijumpai pada laporan-laporan penelitian pendidikan. Topik Bahasan: Penafsiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai statistik antara lain nilai rata-rata, proporsi, dan korelasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linier dan beberapa teknik statistik non-parametrik.

 

  1. MDK811Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

Matakuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pendidikan sebagai suat sistem yang kompleks dan banyak terkait dengan sistem lain seperti sistem politik, sosial dan budaya. Dalam rangka memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji menggunakan berbagai landasan antar lain landasan filosofis, historis, sosiologis dan psikologis. Topik Bahasan: Mata kuliah ini juga mambahas pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informasi yang mencakup pandangan tentang belajar, dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik pembelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran dan evaluasi sistem pembelajaran.

 

  1. MDK812 Problematika Pendidikan Bidang Studi Sejarah

Matakuliah ini mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang pendidikan, baik situasi normal maupun situasi problematis dengan membahas masalah umum dan khusus pengajaran.Kuliah tingkat lanjut ini mencakup segi-segi problematis teoretis dan praktik di lapangan. Pokok-pokok masalah yang dikaji mencakup kebijaksanaan, pengembangan dan arah kecenderungan pendidikan sejarah dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah, berlatih membahas hakikat, segi-segi permasalahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya.

 

  1. MSJ821 Epistemologi dan Metodologi Sejarah

Dalam matakuliah ini dibahas beberapa pokok bahasan, yaitu epistemologi Ilmu Sejarah: suatu pengantar, tonggak-tonggak perkembangan metodologi sejarah: dari “Annales” hingga “kembali ke linguistik”, aliran metodologi sejarah, teori & metodologi: hubungan simbiotik, teori sejarah, penelitian sejarah, eksplanasi sejarah, problematik historiografi Indonesia.

 

  1. MSJ822 Ilmu-Ilmu Sosial dalam Ekplanasi Sejarah

Matakuliah ini bertujuan memahami dan dapat menggunakan teori-teori sosial yang relevan sebagai alat bantu analisis dan eksplanasi sejarah secara interdisipliner. Topik Bahasan: Peristiwa sejarah bersifat multidimensi, ragam teori sosial klasik, modern dan kontemporer, ragam paradigma dalam ilmu sosial, sejarah dan perubahan sosial, studi kasus peristiwa sejarah yang membutuhkan eksplanasi sosial.

 

  1. MSJ823 Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Sejarah

Matakuliah ini membahas tentang pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis, teori kurikulum, macam-macam kurikulum, perkembangan kurikulum di Indonesia, khususnya kurikulum pendidikan sejarah. Pamahaman secara teoretis ini kemudian dijadikan sebagai dasar memahami teknik-teknik penyusunan perencanaan pembelajaran sejarah dan penerapannya di kelas.

 

  1. MSJ824Strategi dan Pengembangan Bahan Pembelajaran Sejarah

Matakuliah ini membahas preskripsi metode-metode pembelajaran, perangkat pendukung, yang didalamnya termasuk bahan pembelajaran, media pembelajaran, instrumen penugasan, dan penerapan teknologi informasi komunikasi. Perkuliahan dipusatkan pada aspek pengembangan yang menghasilkan desain proses dan produk-produk pendidikan sejarah.

 

  1. MSJ825 Evaluasi Pembelajaran Sejarah

Matakuliah ini membahas prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran sejarah, pendekatan dan dasar pengembangan, bentuk dan jenis penilaian, instrumen evaluasi pembelajaran sejarah, hingga penerapan evaluasi dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran sejarah.

 

  1. MSJ826 Kapita Selekta Sejarah Dunia

Matakuliah ini mampu memahami dan menganalisis berbagai hasil-hasil penulisan Sejarah dari berbagai kawasan di Dunia dari sudut pandang metodologi, subtansi dan kontribusinya dalam perkembangan perkembangan penulisan sejarah di Dunia. Topik Pembahasan: Perkembangan Demokrasi, Kolonialisme dan imperialisme, Konflik Bersenjata, Perang Dingin, Organisasi Dunia dan Multilateral, Kemiskinan-Bencana Alam, Krisis ekonomi dunia dan perkembangan isu lingkungan.

 

  1. MSJ827 Kapita Selekta Sejarah Indonesia

Tujuan Pembelajaran: Mampu memahami dan menganalisis berbagai hasil-hasil penulisan Sejarah Indonesia terpilih, metodologi, subtansi dan kontribusinya dalam perkembangan historiografi dan pendidikan sejarah. Topik Pembahasan: integrasi, negara bangsa, perkembangan sistem politik, dinamika Penduduk, sistem ekonomi dan eksploitasi oleh kekuatan asing, pertumbuhan Kota-kota, pendidikan, kelompok Subaltern, militer, dan etnik minoritas di Indonesia.

 

  1. PPL828 PPL

Tujuan: mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam melaksanakan praktik kependidikan dan siap menjadi tenaga profesional. Materi: Pemahaman administrasi dan pengelolaan sekolah, tugas dan fungsi guru di sekolah; penguasaan kurikulum bidang studi, program program pembelajaran; ketrampilan dasar mengajar; bimbingan siswa dan evaluasi belajar siswa.

 

  1. MSJ829 KKL

Tujuan: mampu mengaktualisasikan pengetahuan yang diperoleh, memperkaya wawasan mahasiswa tentang sumber sejarah dan fenomena sosial budaya, menggugah minat mahasiswa serta melatih mahasiswa mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi data dan menyusun laporan yang sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah.

 

  1. TES831 Tesis

Tujuan: mampu melakukan penelitian yang mendalam, mandiri, menerapkan dan menguji teori yang berorientasi pada pengembangan di bidang kependidikan sejarah khususnya menampilkan pendidikan karakter.

 

id_IDIndonesian