STRUKTUR KURIKULUM

Dalam usaha untuk mewujudkan kemampuan-kemampuan di atas disusun kurikulum dengan rincian matakuliah dan kegiatan belajar lain beserta bobot sks dan distribusinya dalam semester perkuliahan sebagaimana terlihat pada Tabel berikut.

 

Tabel 1. Struktur Kurikulum Program Studi Magister (S2) PLS

NO

KODE

MATAKULIAH

SKS/JS

SEMESTER

1

2

3

4

I.

 

Matakuliah Umum (MKU)

 

 

 

 

 

1

MKPS801

Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

2/2

X

2

MKPS802

Metode Penelitian Kuantitatif

2/2

X

3

MKPS803

Metode Penelitian Kualitatif  *)

2/2

X

4

MKPS804

Metode Penelitian Pengembangan *)

2/2

X

5

MKPS805

Metode Penelitian Tindakan *)

2/2

X

6

MKPS806

Statistik Inferensial *)

2/2

X

II.

 

Matakuliah Keahlian (MKK)

 

 

 

 

 

7

MPLS807

Problematika Pendidikan Bidang Studi (PLS)

3/3

X

8

MPLS808

Pendidikan Orang Dewasa dan Konsep Dasar PLS

2/2

X

 

9

MPLS809

Manajemen PLS

3/ 4

X

10

MPLS810

Teori Utama (Grand Teori PLS)

2/2

X

 

 

 

11

MPLS811

Pengembangan Media & Bahan Pembelajaran PLS

2/2

X

12

MPLS812

Perubahan Sosial dan Pembangunan

2/2

X

 

13

MPLS813

Difusi Inovasi dan Komunikasi Pembangunan

2/2

X

14

MPLS814

Studi Mandiri

2/2

 

X

15

PPL815

Kuliah dan Praktek Lapangan

4/ –

X

16

KKL816

Kuliah Kerja Lapangan

NK

X

III.

 

Matakuliah Pilihan **)

 

 

 

 

 

17

MPLS817

Pelatihan **)

2/2

X

18

MPLS818

Penyuluhan Sosial **)

2/2

X

 

 

19

MPLS819

Pendidikan Keaksaraan **)

2/2

X

 

 

20

MPLS820

Pengembangan Masyarakat **)

2/2

X

 

 

IV.

 

Tesis (termasuk seminar usulan)

 

 

 

 

 

21

MTES890

Tesis

6/6

(X)

(X)

22

MTES891

Seminar Usulan Tesis

2/2

 

(X)

(X)

 

 

 

Jumlah

38

 

 

 

 

Keterangan:
*) mahasiswa program magister PLS wajib menempuh minimum satu mata kuliah pilihan
**) mahasiswa program magister PLS wajib menempuh minimum dua mata kuliah pilihan

 

DESKRIPSI MATAKULIAH

 

MKU800 Metodologi Penelitian Kuantitatif (2 sks/2 js)

MKU801 Metodologi Penelitian Kualitatif (2 sks/2js)

MKU802 Statistik Inferensial (2 sks/2 js)

Prasyarat: MTR402 atau persetujuan pengajar.

 

MKDK810 Landasan Pendidikan (2 sks/2 js)

Memahami pendidikan sebagai suatu sistem yang kompleks yang banyak kaitan­nya dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai landasan antara lain: landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis.

 

MKDK811 Landasan Pembelajaran (2 sks/2 js)

Prasyarat: MKDK510 Landasan Pendidikan

Membahas beberapa pandangan, pendekatan dan proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, non-formal atau informal. Topik-topik yang dibahas meliputi: pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pembelajaran, karakteristik pebelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi sistem pembelajaran.

 

MKDK812 Problematik Pendidikan Bidang Studi (PLS) (2 sks/2 js)

Mengembangkan pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang problema PLS, terutama problema-problema dasar (basic problems) yang terkait dengan batasan bidang garapan (field of practice and field of study), tujuan, beserta perencanaan dan pengembangan program berdasarkan berbagai prespektif teoritis/filosofis. Masalah-masalah PLS yang bersifat praktikal dibahas dan ditinjau berdasarkan perspektif teoritis/filosofis dimaksud.

 

PLS822  Pendidikan Orang Dewasa dan Konsep Dasar PLS (2 sks/2 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap kebutuhan, dorongan, dan tuntutan terhadap pendidikan dan pembelajaran bagi orang dewasa seiring dengan prinsip belajar se­umur hidup dan pendidikan seumur hidup serta peran PLS di dalam memenuhi kebutuhan, dorongan, dan tututan itu. Isu yang dibahas antara lain adalah: konsep dasar, ciri-ciri, kebutuhan belajar, prinsip pembelajaran, iklim dan gaya belajar orang dewasa, pengertian, landasan filosofis dan psikologis andragogi dalam pembelajaran dan pendidikan orang dewasa; kedudukan andragogis dalam teori-teori belajar; kritik dan keterbatasan andragogi dalam praktek pembelajaran.; peran PLS dalam memenuhi kebutuhan belajar orang dewasa disertai dengan pengertian, latar belakang, filsafat, sejarah, asas, tujuan, fungsi dan karakteristik PLS; perkembangan PLS terkait dengan isu-isu lokal, regional, nasional dan global.

 

PLS823 Manajemen PLS (3 sks/4 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai fungsi, peran, dan pendekatan pengelolaan belajar dan pembelajaran PLS, siklus generik pengembangan program PLS dan beberapa variasinya; berbagai model pengembangan program, pengukuran kebutuhan belajar (learning needs assessment), tehnik-teknik assessment kebutuhan belajar, problematika assessment dan perencanaan program, pengelolaan program, pelaksanaan pembelajaran, monitoring, pengendalian, evaluasi dan auditabilitasnya, dan pelaporan. Isu yang dibahas meliputi: konsep dan pengertian manajemen pembelajaran, fungsi manajemen, peran manajemen, komponen manajemen, pendekatan pengelolaan belajar dan pembelajaran PLS, siklus generik pengembangan program PLS dan beberapa variasinya; berbagai model pengembangan program, pengukuran kebutuhan belajar (learning needs assessment), teknik-teknik assessment kebutuhan belajar, problematika assessment dan perencanaan program, pengelolaan program, pelaksanaan pembelajaran, monitoring, pengendalian, evaluasi, auditabilitas, dan pelaporan; hubungan antara assessment kebutuhan belajar, perencanaan program, monitoring, evaluasi, dan pelaporan.

 

PLS829 Teori Utama (Grand Theory) PLS (2 sks/2 js)

Mengkaji dan menganalisis ketiga teori utama (Grand Theory) PLS, yaitu Andra­gogy, Pendidikan Kritis, dan Pendidikan Sosial terkait dengan landasan pemikiran, karakteristik utama, dan rancangan dasar pengimplementasiannya sesuai dengan perbedaan masalah, kebutuhan, tujuan, dan sumber-sumber yang tersedia. Isu pokok yang dibahas mencakup gagasan utama masing-masing teori, ruang penerapannya yang relevan di dunia PLS, prinsip-prinsip penerapan masing-masing teori, dan pola adaptasinya pada konteks yang berbeda-beda permasalahan, kendala maupun sumber-sumber yang terse­dia.

 

PLS825 Pengembangan Media dan Bahan Belajar PLS (2 sks/2 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap konsep dan proses pengem­bangan media dan bahan belajar PLS. Isu yang dibahas meliputi: konsep dasar media dan bahan belajar PLS, jenis media dan bahan belajar PLS, kaitan jenis media belajar dan bahan belajar dengan tingkatan pengalaman belajar yang didapat, faktor-faktor pertimbangan dalam memilih dan mengembangkan media dan bahan belajar PLS, kaitan media dan bahan belajar PLS dengan assessment kebutuhan belajar, perencanaan program, monitoring, eva­luasi, dan pelaporan.

 

PLS835 Perubahan Sosial dan Pembangunan (2 sks/2 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap konsep dan teori-teori perubahan sosial dan implikasinya pada upaya pembangunan. Isu-isu yang dibahas meliputi: perkembang­an teori perubahan sosial dan aliran-alirannya, proses perubahan sosial; konsep pemba­ngunan dalam perspektif teori sosiologi beserta pendekatan-pendekatan, strategi, metode dan tekniknya dalam rangka mencapai tujuan pembangunan.

 

PLS834 Difusi Inovasi dan Komunikasi Pembangunan (2 sks/2 js)

Melakukan kajian terhadap konsep dasar difusi inovasi dan aplikasi operasionalnya bagi kepentingan komunikasi pembangunan, khususnya bagi kepentingan komunikasi pendidikan dan pengembangan masyarakat. Isu yang dibahas mencakup: konsep dan teori komunikasi, sistem sosial, PLS, konsep dasar difusi inovasi dalam kajian komunikasi; model umum proses adopsi inovasi; tiga model proses adopsi inovasi (pilihan/personal, kolektif, dan otoritas); faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecepatan adopsi inovasi, peranan pemimpin/tokoh masyarakat dalam proses adopsi inovasi; penggunaan/ aplikasi teori difusi inovasi bagi pendidikan luar sekolah (pendidikan dan pengembangan masyarakat).

 

PLS870 Pelatihan (2 sks/2 js)

Melakukan kajian dan analisis terhadap konsep, latar belakang, rasional, dan pen­dorong hadirnya pelatihan secara umum, kebutuhan pelatihan pada individu dan organi­sasi, prosedur generik pengembangan program pelatihan (assesmen s.d. evaluasi dan auditibilitas), strategi dan metode pelatihan, batasan-batasan kemampuan pelatihan dan etika pelatihan.

 

PLS871 Penyuluhan Sosial (2 sks/2 js)

Mengkaji dan menganalisis tentang konsep dan teori penyuluhan sosial serta aplikasinya dalam pengembangan program PLS dan pengem­bangan masyarakat. Isu pokok yang dibahas meliputi: perkembangan konsep, teori dan teknik penyuluhan sosial serta aplikasinya dalam pengembangan program PLS dan pengembangan masyarakat; prinsip-prinsip penyuluhan sosial bagi masyarakat yang menjadi sasaran program pembelajaran PLS dan pengembangan masyarakat.

 

PLS872 Pendidikan Keaksaraan (2 sks/2 js)

Mengkaji dan menganalisis konsep dasar beserta paradigma baru pendidikan keaksaraan dalam PLS, dan perbedaan pokoknya dengan pandangan lama tentang keaksaraan yang berbasis sekolah (school-based view of literacy). Isu pokok yang dibahas mencakup: perkembangan konsep beserta paradigma dalam memaknakan keaksaraan; gagasan utama pendidikan keaksaraan fungsional dalam dunia PLS; gagasan utama pendidikan keaksaraan yang beraneka ragam (multiple literacies) dalam dunia PLS; prinsip-prinsip penerapan paradigma baru pendidikan keaksaraan di tingkat perancangan program dan proses pembelajaran.

 

PLS873 Pengembangan Masyarakat (2 sks/2 js)

Melakukan kajian dan analisis tentang filosofi, paradigma, teori, dan pendekatan, serta strategi pengembangan masyarakat; pengembangan masyarakat sebagai metode, teknik, dan gerakan untuk pemberdayaan masyarakat. Isu pokok yang dibahas meliputi: teori dan pendekatan serta strategi pengembangan masyarakat; pengembangan masyarakat sebagai metode, teknik, dan gerakan untuk pemberdayaan masyarakat; pengkajian tentang fungsi pengembangan masyarakat dalam kaitannya dengan perencanaan sosial partisipatif, pengembangan sumberdaya manusia (SDM), modal sosial (social capital), dan organisasi sosial kemasyarakatan (social institution) serta pembangunan kapasitas masyarakat untuk tumbuh dan berkembang.

 

PLS860 Studi Mandiri (2 sks/2 js)

Menanamkan sikap ilmiah mandiri yang dikembangkan dengan program yang direncanakan oleh mahasiswa sendiri untuk memperdalam suatu topik dalam bidang studinya. Melakukan kajian dan analisis terhadap berbagai topik dan/atau masalah PLS yang bisa diteliti dan diangkat sebagai penelitian untuk tesis; beserta berbagai bahasan dan komponen pendukung, termasuk pendekatan penelitian, metodologi penelitian, kajian te­ori, maupun aspek-aspek lain yang bisa mengakselerasikan proses penelitian dan penye­lesaian penulisan tesis. Bertujuan untuk menunjang kegiatan studi mandiri ini, dosen menyediakan layanan konsultasi mengenai perencanaan umum, tujuan, materi, sumber belajar, evaluasi periodik dan akhir.

 

PPL880 Praktek Pengalaman Lapangan (1 sks/2 js)

Melakukan studi kunjungan dan berpartisipasi aktif pada kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan lembaga penyedia program PLS untuk menghubungkan teori dengan praktek dan melakukan analisis dan telaah kritis terhadapnya yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing dan pembimbing lapangan (praktisi); serta melakukan praktek mengajar di perkuliahan mahasiswa tingkat diploma atau sarjana. Studi kunjungan dan partisipasi aktif pada kegiatan di lembaga penyedia program PLS ditekankan pada ana­lisis dan telaah kritis agar program lebih efektif, efisien, atau lebih fungsional. Praktek mengajar di perkuliahan ditekankan pada kemampuan mahasiswa mengembangkan disain perkuliahan, merencana­kan, memilih, dan menyusun media dan material kuliah, mengajarkannya di kelas, dan mengevaluasi hasil belajar. Pada akhir perkuliahan mahasiswa dituntut membuat laporan kegiatan dan telaah kritis secara komprehensif atas studi kunjungan dan praktek mengajar yang dilakukan.

 

KKL881 Kuliah Kerja Lapangan (NK)

Melakukan kunjungan dan melakukan telaah kritis secara mandiri, secara per­orangan dan kelompok terhadap satu atau lebih objek program/lembaga penyedia layanan PLS untuk memperoleh pengalaman langsung tentang penyelenggaraan kegiatan, pengelolaan program, pengelolaan lembaga/organisasi, maupun pengembangan jaringan kerja. Mahasiswa dituntut dapat mengkaji pengalaman empirik yang didapat dikaitkan dengan konsep dan teori yang didapat di kampus. Pada akhir kunjungan lapangan itu mahasiswa dituntut membuat laporan kegiatan dan telaah kritis secara komprehensif atas kunjungan yang dilakukan.

 

TES890 Penyusunan Tesis (6 sks)

Kerja mandiri dalam perencanaan dan pelaksanaan suatu karya ilmiah mengenai suatu masalah pendidikan yang sesuai dengan bidang spesialisasi mahasiswa serta penulisan laporannya dalam bentuk tesis di bawah bimbingan setidak-tidaknya dua orang pembimbing tesis. Karya ilmiah tersebut dapat berbentuk hasil suatu penelitian maupun hasil suatu kegiatan proyek yang menghasilkan suatu produk tertentu dalam bidang pendidikan dan pengajaran seperti: kurikulum, bahan pembelajaran, instrumen evaluasi, dsb. Termasuk dalam kegiatan penulisan tesis adalah kewajiban menyampaikan usulan (proposal) penelitian/proyek dalam suatu forum seminar program studi yang dihadiri oleh semua dosen pembimbing tesis, dosen metode penelitian, dosen program studi, dan mahasiswa-mahasiswa jurusan PLS dan jurusan lain.

 

TES891 Seminar Usulan Tesis (0/2 sks)

 

id_IDIndonesian