Saputri, D.S. 2014. Negotiation of Meaning in Conversational Interaction between A Native Speaker and Non-Native Speakers of English. Thesis. Program Pascasarjana dalam Pengajaran Bahasa Inggris, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D., (II) Prof. Ali Saukah, M.A, Ph.D.

 

Kata Kunci: negosiasi makna, interaksi lisan, penutur asli dan bukan penutur asli bahasa Inggris, studi kasus

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses negosiasi makna dalam interaksi lisan antara penutur asli bahasa Inggris dan bukan penutur asli bahasa Inggris dalam interaksi langsung tanpa manipulasi sedikitpun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana proses negosiasi makna dapat memfasilitasi orang Indonesia untuk mengakuisisi bahasa Inggris.

Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi proses negosiasi makna secara lisan antara penutur asli dan bukan penutur asli bahasa Inggris. Terdapat dua subyek penelitian yaitu penutur asli bahasa Inggris dan orang lokal Indonesia yang berinteraksi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat rekam suara dan catatan selama di lapangan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan selama 63 jam.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa subjek memproduksi cukup banyak negosiasi makna. Kosakata baru dalam bahasa Inggris merupakan pemicu utama terjadinya ketidakmengertian dalam interaksi. Permintaan klarifikasi merupakan tipe modifikasi yang paling sering digunakan oleh subyek untuk menunjukkan ketidakmengertian mereka. Untuk memberikan penjelasan, subyek menggunakan tipe modifikasi klarifikasi dan gestur. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa proses negosiasi makna dapat memfasilitasi pemerolehan bahasa Inggris melalui pemberian input, feedback, dan output. Melalui proses negosiasi makna, guru bahasa Inggris dapat meminimalkan penggunaan bahasa Indonesia di dalam kelas sehingga mereka mampu menciptakan lingkungan berbahasa Inggris di dalam kelas.