Ulum, Bahrul. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses dan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pemebelajaran Siklus Belajar 5E. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Supriyono Koes Handayanto, M.A., M.Pd.,(II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, M.Ed., M.Pd.

 

Kata Kunci: keterampilan proses, prestasi belajar, pembelajaran IPA, Siklus Belajar 5E

 

Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan berdampak pada kebutuhan dan tuntutan kehidupan sehingga menuntut perubahan pada sistem pendidikan dan pola-pola pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah sebagian besar masih didominasi dan terpusat pada sosok guru. Hal ini menyebabkan pembelajaran yang sedang berlangsung membuat siswa kesulitan mengembangkan sikap ilmiah yang berupa keterampilan proses dan kebingungan memahami konsep, siswa kurang kreatif menemukan dan membangun konsep secara mandiri. Penggunaan model pembelajaran konvensional berakibat pada lemahnya pemahaman konsep dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA. Paradigma konstruktivisme menjadi alternatif sistem dan model pembelajaran untuk mengkonstruksi konsepsi ilmiah melalui proses internalisai dan ekuilibrasi skema pengetahuan dan pengalam baru. Bertolak dari keadaan itu maka dalam penelitian ini mencoba untuk menggunakan model pembelajaran Siklus Belajar 5E dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan pembelajaran model Siklus Belajar 5E dapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas IV Teratai SDN Gempol III kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan dan (2) bagaimana peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa kelas IV Teratai SDN Gempol III kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan melalui penerapan pembelajaran model Siklus Belajar 5E.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus delapan kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa siswa kelas IV Teratai SDN Gempol III Gempol Pasuruan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, LKS, pedoman wawancara, dan lembar tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan proses dan prestasi belajar pada pembelajaran IPA melalui pembelajaran model siklus belajar 5E, dimana penggunaan model tersebut meningkatkan persentase keterampilan proses pada siklus I 61,76% menjadi 86,48% siklus II dan prestasi belajar siswa juga meningkat dari 77,78% di siklus I dan siklus II menjadi 86,11% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (75) dalam mempelajari materi pokok wujud dan sifat-sifat benda. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E dapat meningkatkan keterampilan proses dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA.