Elison, 2004. Pengaruh Tutorial Presentasi-Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Pendidikan IPA di SD Pada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Palangkaraya. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Yusuf Abdurrajak, (II) Prof. Drs. H. Widodo

Kata Kunci: tutorial, presentasi-diskusi, hasil belajar

Tutorial adalah salah satu bentuk bantuan pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Terbuka, dalam rangka memacu dan memicu mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan belajar mandirinya. Berbagai bentuk layanan tutorial yang diberikan, tutorial yang paling banyak diminati oleh mahasiswa Universitas Terbuka adalah tutorial tatap muka. Untuk program peningkatan kualifikasi tenaga kependidikan khususnya program penyetaraan D-II Guru SD, tutorial tatap muka yang diselenggarakan di Kelompok Belajar wajib diikuti oleh mahasiswa. Penyelenggaraan Tutorial tersebut tidak mengganggu tu-gas mahasiswa sebagai guru.

Dalam penyelenggaraan tutorial, tutor diharapkan dapat membimbing dan mengarahkan mahasiswa untuk dapat memahami materi yang telah dituangkan dalam Buku Modul Matakuliah sebagai bahan ajar. Berbagai strategi dapat dikembangkan oleh tutor sesuai dengan kondisi yang dihadapinya di lapangan. Penyelenggaraan tutorial selama ini yang terjadi seperti layaknya seorang guru yang mengajar didepat kelas atau seperti dosen yang memberikan kuliah. Sebagai dampaknya mahasiswa kurang mempersiapkan dirinya untuk belajar mandiri dengan membaca modul, tetapi datang ke tempat tutorial hanya mendengarkan ceramah atau penjelasan dari tutor. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tutorial adalah dengan melibatkan peranan mahasiswa dalam proses pembelajaran pada kegiatan tutorial. Karena itu strategi tutorial yang dikembangkan sesuai dengan fungsi tutorial tersebut adalah menjadikan mahasiswa sebagai orang yang belajar dengan ciri menitik beratkan pada aktivitas mahasiswa dalam belajar.

Tutorial dengan pola Presentasi-Diskusi, menekankan peran mahasiswa untuk melaksanakan pembelajarannya sendiri dari modul, dan tutor berperanan sebagai pembimbing dan pengarah dari kegiatan tersebut. Mahasiswa berperan aktif mempersiapkan presentasinya dan mendiskusikan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan materi modul yang menjadi tanggung jawabnya. Mereka dilatih untuk bekerjasama dalam kelompok, bertukar informasi untuk memperoleh ide-ide dan pengetahuan yang baru, berlatih berkomuniukasi dan mengkomunikasikan apa yang dipikirkan. Penelitian ini bertujuan untuk me-ngetahui pengaruh tutorial presentasi-diskusi terhadap hasil belajar matakuliah Pendidikan IPA di SD pada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Palangkaraya.

Penelitian ini termasuk dalam rancangan eksperimen semu (Quasi Experimen Design) dengan pola prates-postes kelompok tak setara (Nonequivalen Control-Group Design). Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa UPBJJ-UT Palangkaraya yang memprogramkan matakuliah Pendidikan IPA di SD masa registrasi 2006.1. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kelompok. Pene-litian ini menggunakan 2 kelompok belajar yang menyelenggarakan tutorial, yaitu satu kelompok dengan tutorial presentasi-diskusi sebagai kelompok eksperimen dan satu kelompok dengan tutorial tanpa presentasi-diskusi dimana penyelenggaraan tutorial seperti selama ini dilakukan (tutor memberikan kuliah).

Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis univariat (Anakova) untuk mengetahui pengaruh proses tutorial presentasi-diskusi terhadap pengetahuan atau penguasaan materi modul Pendidikan IPA di SD. Sedangkan unt6uk mengetahui perbedaan sikap terhadap mata-kuliah Pendidikan IPA di SD, dan keterampilan merancang alat peraga pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai praktikum wajib matakuliah Pendidikan IPA di SD, menggunakan uji-t. Analisis statistik memanfaatkan program SPSS for Wiundows ver. 10.01.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutorial presentasi-diskusi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa dalam matakuliah Pendidikan IPA di SD dibandingkan dengan tutorial tanpa presentasi-diskusi. Hasil kemajuan pengetahuan mahasiswa yang diberikan tutorial presentasi-diskusi lebih tinggi atau lebih baik dari mahasiswa yang diberikan tutorial tanpa presentasi-diskusi. Adapun hasil analisis terhadap sikap dan keterampilan, menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok yang di-berikan tutorial presentasi-diskusi dengan kelompok tanpa presentasi-diskusi. Rerata sikap dan keterampilan mahasiswa kelompok presentasi-diskusi lebih ting-gi atau lebih baik dari kelompok tanpa presentasi-diskusi.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada tutor dan pengelola maha-siswa Universitas Terbuka khususnya di UPBJJ Palangkaraya untuk dapat mene-rapkan cara tutorial yang melibatkan aktivitas mahasiswa dalam belajar dan mem-pelajari modul matakuliah dan pengembangan pola berpikir yang lebih baik. Salah satu cara tutorial yang melibatkan mahasiswa adalah dengan tutorial presentasi-diskusi. Dengan presentasi-diskusi meningkatkan peran aktif mahasiswa yang se-kaligus akan meningkatkan hasil belajar. Untuk mendapatkan gambaran yang le-bih lengkap perlu penelitian lanjutan dengan subyek yang lebih besar dan variabel yang lebih luas.