Sukardi, Anita Dian. 2015. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Pikiran (Mind Map) terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri Prajekan Bondowoso. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc. Ph.D, (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd

 

Kata-kata Kunci: Reciprocal Teaching, Peta Pikiran (Mind Map), Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi

 

Kemampuan metakognitif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Meningkatkan kemampuan metakognitif dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Model pembelajaran ini selain dapat meningkatkan kemampuan metakognitif karena sintaks yang dimilikinya juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran biologi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prajekan Bondowoso serta persepsi siswa kelas XI MIA terhadap pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta pikiran (mind map). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonrandomized Control Group Pretest-Postest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA berjumlah 104 siswa dengan sampel total adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3 berjumlah 52 siswa dan kelas kontrol adalah siswa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 4 sejumlah 52 siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Prajekan Bondowoso karena siswa di sekolah ini memiliki kemampuan metakognitif rendah, hal ini dapat dilihat dari pemahaman siswa terhadap matapelajaran biologi rendah, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa jadi rendah.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta pikiran (mind map) terhadap kemampuan metakognitif, dengan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang sangat nyata antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta pikiran (mind map) dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Lebih lanjut, juga terdapat perbedaan yang sangat nyata pada hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Prajekan Bondowoso dengan nilai signifikansi 0,002. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut yaitu hubungan kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar siswa, serta pembelajaran reciprocal teaching berbantuan peta pikiran (mind map) ini dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada matapelajaran yang lain di sekolah.