Rahayu, Avid. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Rally Coach (RC) dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.Anang Santoso, M.Pd (II) Dr. Heri Suwignyo, M.Pd

 

Kata Kunci: Rally Coach (RC), media gambar seri, kemampuan berbicara

 

            Berdasarkan hasil pengamatan pada waktu pembelajaran di SDN Tawangargo 04 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang diketahui bahwa kemampuan siswa menceritakan kembali cerita yang didengar masih rendah, hal ini disebabkan karena: (1) guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) pembelajaran bersifat individual dan (3) cerita yang diceritakan guru tidak menarik minat siswa karena tidak menggunakan media yang tepat. Guru banyak mengalami kendala, yakni (1) kemampuan berbicara masih rendah, (2) hasil kemampuan berbicara masih rendah diketahui dari 76,67%, yakni 23 siswa mendapat nilai di bawah KKM 75 sedangkan hanya 23,33%, yakni 7 siswa yang mendapat nilai di atas KKM 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan strategi pembelajaran kooperatif model Rally Coach (RC) dengan media gambar seri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran strategi pembelajaran kooperatif model Rally Coach (RC) dan media gambar seri sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti sebagai paritisipan penuh dengan dibantu oleh 2 guru SDN Tawangargo 04 sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tawangargo 04 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dengan subyek penelitian siswa kelas II semester genap tahun 2012/ 2013 berjumlah 30 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumen.

Hasil penelitian penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Rally Coach (RC) yakni (1) keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru termasuk kategori berhasil dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (2) keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa termasuk kategori berhasil dari siklus I ke siklus mengalami peningkatan (3) kemampuan berbicara siswa dalam aspek kebahasaan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (4) kemampuan berbicara siswa dalam aspek non kebahasaan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Saran yang diberikan adalah (1) strategi pembelajaraan kooperatif model Rally Coach (RC) dapat dijadikan pilihan dalam proses pembelajaran di kelas. (2) dibutuhkan pengelolaan kelas dan waktu yang baik sehingga waktu dalam pembelajaran lebih efektif karena model pembelajaran ini melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. (3) guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif agar siswa terbiasa terlibat aktif. (4) guru harus menjelaskan secara rinci langkah-langkah model pembelajaran dan mengamati proses pembelajaran secara maksimal (5) penggunaan media pembelajaran juga harus diperhatikan agar disesuaikan dengan pelajaran yang akan diajarkan agar tidak mengurangi tujuan dan manfaat dari media itu sendiri.