Hidayati, Anis. 2014. Pembelajaran Matematika Melalui Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gondanglegi Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd., (2) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si.

 

Kata Kunci: hasil belajar, model Learning Cycle 7E

 

Pembelajaran matematika di sekolah pada materi geometri khususnya bangun datar yang dilaksanakan oleh guru cenderung menggunakan metode ceramah. Ini menyebabkan siswa tidak bebas mengeluarkan ide-idenya karena pembelajaran didominasi oleh guru. Siswa banyak menghafal konsep matematika yang diberikan guru dan menyelesaikan masalah secara prosedural. Akibatnya pemahaman siswa terhadap konsep dan penerapan masih rendah. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak optimal. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun pemahaman siswa dan aktivitas belajar siswa terhadap materi geometri. Usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan model Learning Cycle 7E yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 7E pada materi geometri khususnya bangun datar, maka pada penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pembelajaran matematika melalui model Learning Cycle 7E pada materi geometri yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gondanglegi Malang?

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Gondanglegi Malang yang berjumlah 31 siswa. Subjek wawancara dipilih 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subjek wawancara berdasarkan hasil tes dan masukan dari guru matematika.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model Learning Cycle 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi geometri khususnya bangun datar di kelas VII SMP Negeri 1 Gondanglegi Malang, model ini terdiri atas 7 tahapan yaitu elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, dan extend. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.

Berdasarkan penelitian ini, maka bagi guru yang ingin melaksanakan pembelajaran serupa hendaknya siswa dibantu dengan menggunakan media pembelajaran atau benda-benda konkret. Sedangkan bagi peneliti lain yang berkeinginan mengadakan penelitian serupa, sebaiknya dilaksanakan pada materi matematika dan sekolah yang berbeda, sehingga akan diperoleh gambaran yang lebih lanjut tentang efektivitas model Learning Cycle 7E.