Kardoyo, Siti Andariyah. 2006. A Proposed Syllabus for Teaching English in SMA N I Pacitan based on 2004 Competence-based Curriculum. Tesis. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Program Paska Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. H. Adnan Latief, M.A., Ph. D., (II) Dr. Arwijati W. Murdibjono, Dipl. TESL., M. Pd.

Kata kunci: syllabus, English syllabus for SMA, Competence-based Curriculum

 

Penelitian ini bertujuan mengembangkan seperangkat silabus pengajaran bahasaa Inggris pada siswa semester dua, kelas XI SMA N I Pacitan. Silabus ini dikembangkan dikarenakan tidak adanya silabus untuk pengjaran bahasa Inggris di sekolah tersebut. Silabus ini dikembangkan berdasarkan petunjuk and pedoman pengembangan silabus Kurikulum berbasis Kompetensi dan hasil survey ke siswa, guru, dan kepala sekolah SMA N I Pacitan, serta kepala Dinas Pendidikan Nasional Pacitan.

Silabus ini mencakup identitas sekolah, kelas, semester, standar kompetense, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran utama, pengalaman belajar yang mengandung empat langkah pembelajaran yaitu of BKOF (Bulding Knowledge of the Field), MOT (Modelling of the Text), JCOT (Joint Construction of the Text) and ICOT (Independent Construction of the Text), alokasi waktu, penilaian yang mencakup jenis-jenis, bentuk, dan contoh penilaian, serta sumber/materi/media.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Deveopment) yang prosedur pengembangannya dimodifikasi dari prosedur pengembangan bahasa oleh Yalden (1987). Prosedur pengembangan dari penelitian ini adalah: (1) melakukan survey, (2) pendiskripsian tujuan dan pengembangan silabus, (3) validasi ahli untuk mendapatkan evaluasi dan revisi, dan (4) try-out untuk mendapatkan revisi selanjutnya sehingga menghasilkan produk akhir.

Survey dilaksanakan di SMA N I Pacitan dengan cara mendistribusikan lembar angket ke dua kelas siswa XI, melakukan wawancara dengan dua teman guru bahasa Inggris dan kepala sekolah, serta dengan kepala dinas Pendidikan nasional Pacitan.

Validasi ahli terhadap silabus yang dikembangkan perlu dilakukan untuk mendapatkan evaluasi dan saran-saran perbaikan. Verifikasi selanjutnya didapatkan dari hasil try-out silabus terhadap guru bahasa Inggris dan satu model pengembangan materi pembelajaran dalam bentuk rencana pengajaran terhadap dua kelas XI SMA N I Pacitan.

Setelah melalui berbagai verifikasi dan revisi, silabus yang dikembangkan dinyatakan tepat untuk dijadikan sumber pijakan dalam mengembangkan rencana pengajaran dan materi pembelajaran di kelas XI SMA N I Pacitan. Silabus ini dapat membantu guru dalam mengembangkan rencana pengajaran dan materi pembelajaran karena didasarkan pada aspek-aspek pengembangan silabus dari Kurikulum berbasis Kompetensi. Di samping itu, silabus ini disajikan dalam format dan lay-out yang mudah dibaca dan praktis.