Masoka Marten

 

Pasacasarjana Universitas Negeri Malang

Program Studi Pendidikan Biologi

E-mail: masokaaditya@gmail.com

 

Abstrak: Tujuan dalam penelitan ini (1) mendeskripsikan jumlah dan kualifikasi pendidikan guru bidang studi biologi/IPA pada tingkat satuan pendidkan SMA/SMP. (2) mendeskripsikan kesesuaian antara bidang studi yang diajarkan dengan latar belakang pendidikan guru pada tingkat satuan pendidkan SMA/SMP. (3) mendeskripsikan kompetensi profesional guru Biologi/IPA SMA/SMP. (4) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Biologi/IPA SMA/SMP. (5) mendeskripsikan permasalahan pendidikan Biologi/IPA pada tingkat satuan pendidikan SMA/SMP di Kabupaten Teluk Bintuni.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif eksploratifkarena mendekripsikan tentang kualifikasi akademik guru biologi/IPA, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru bidang studi biologi/IPA sertakesesuaian antara bidang studi yang diajarkan dengan latar belakang pendidikan guru. Subyek penelitian ini adalah guru bidang studi Biologi/IPA pada satuan pendidikan SMA/SMP dan objek penelitian ini adalah kualifikasi dan kompetensi guru bidang studi Biologi/IPA. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis secara deskriptif kualitatif, yakni dengan menjumlah, merata-rata (memprosentasekan).Hasil penelitian menunjukkan kualifikasi pendidikan guru biologi secara keseluruhan pada tingkat SMA maupun SMP mencapai 95,2% berkualifikasi strata satu (S1) dari 21 guru yang terdata dan 4,8% berkualifikasi diploma (D3). Kesesuaian antara kualifikasi akademik guru bidang studi dengan bidang studi biologi yang diajarkan pada satuan pendidikan SMA-SMP adalah 71% dan ketidaksesuaian (mismatched) 29%. Hasil tes dari dua puluh satu guru yang mengajar bidang studi biologi baik pada tingkat SMA maupun SMP diperoleh 30,7% guru yang menguasai kompetensi profesional dan  50,5% guru yang menguasai kompetensi pedagogik.

 

Kata Kunci: kualifikasi, kompetensi profesional, kompeteni pedagogik