S2 Pendidikan Kimia

RASIONAL PROGRAM

Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang diselenggarakan dengan beberapa dasar pemikiran. Di antara dasar pemikiran tersebut adalah perlunya penyiapan tenaga pengajar dan peneliti dalam bidang pendidikan kimia yang handal, untuk bertugas pada jenjang pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Ketersediaan pengajar dan peneliti dalam bidang ini tidak dapat diabaikan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan nasional Indonesia, dalam rangka bangkit kembali dari keterpurukan akibat krisis ekonomi global di akhir abad yang lalu, dan untuk membangun masyarakat bangsa yang cerdas, maju, sejahtera dan mandiri, serta mampu bersaing secara sehat dalam konteks hubungan antar bangsa yang semakin kompleks dan penuh dengan tantangan baru. Perkembangan teknologi komunikasi yang amat pesat dan semakin lama semakin canggih, menyebabkan hampir semua bangsa di dunia saling terkait antara yang satu dengan yang lain, dan saling mempengaruhi dalam berbagai aspek kehidupan.

Perkembangan dan perubahan ini menuntut penyesuaian-penyesuaian dalam kon­sep, strategi dan praktek kependidikan, termasuk pendidikan kimia. Pergeseran paradigma pendidikan sejalan dengan perubahan dari kurikulum berbasis tujuan (goal-based curri­culum) ke kurikulum berbasis perkembangan potensi peserta didik (agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab) — sebagai respons terhadap perkembangan yang terjadi — secara otomatis juga menuntut berbagai perubahan mendasar dalam praktik pembelajaran ilmu kimia. Peningkatan peran peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, kebutuhan akan pengembangan materi ajar yang mendorong penumbuhan life-skills pada diri peserta didik, dan evaluasi pembelajaran yang harus terus menerus dilakukan dan mencakup aspek proses dan isi kegiatan pembelajaran, menuntut tersedianya guru dan dosen ilmu kimia yang senantiasa mampu mengembangkan kemampuan profesionalnya. Dalam kaitan dengan hal ini pulalah maka Prodi S2 dan S3 Pendidikan Kimia diselenggarakan.

 

VISI

Menjadi pusat unggulan dan rujukan dalam penyelenggaraan program magister pendidikan kimia.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk Program Magister Pendidikan Kimia yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembe­lajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran kimia yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pene­rapan hasil penelitian dan pengembangan pembelajaran kimia yang berorientasi pada pember­dayaan masyarakat;
  4. Menyelenggarakan tatakelola kelembagaan pendidikan kimia secara mandiri, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelan­jutan.

 

TUJUAN PROGRAM

  1. Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Kimia yang cerdas religius berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul di bidang Pendidikan Kimia;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Kimia, dan terapannya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri produktif dan sejahtera; dan
  4. Menghasilkan kinerja program studi untuk mendukung kinerja fakultas yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

 

PROFIL LULUSAN

Profesi lulusan program studi magister Pendidikan Kimia adalah menjadi:  (1) dosen bidang Pendidikan Kimia di Perguruan Tinggi, (2) Widya iswara bidang Pembelajaran Kimia dan (3) Peneliti Pendidikan Kimia. Sedangkan profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Kimia adalah:

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran kimia pada jenjang sekolah menengah dan S1 Pendidikan Kimia.
  2. Memahami karakteristik peserta didik, mengembangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik, mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran, dan mampu mengatasi masalah-masalah pembelajaran tersebut.
  3. Mengelola dan mengembangkan pembelajaran kimia yang efektif-efisien, dan mengembangkan learning skills peserta didik pada jenjang S1 dan jenjang di bawahnya.
  4. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk mencari solusi atas masalah-masalah pembelajaran kimia.
  5. Selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan professional dalam konteks

 

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan Prodi Pendidikan Kimia Pascasarjana UM diharapkan memiliki seperangkat kompetensi yang merupakan dasar kemampuan melaksanakan tugas profesional sebagai peneliti dan pengajar bidang kimia dan pendidikan kimia. Perangkat kompetensi ini dapat dibedakan menjadi kompetensi dasar dan kompetensi tambahan.

 

KOMPETENSI DASAR

  1. Menguasai materi bidang studi.
  2. Memahami karakteristik peserta didik dan dapat memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran.
  3. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik.
  4. Mampu meningkatkan kualitas kepribadian dan keprofesionalannya.

 

KOMPETENSI TAMBAHAN

  1. Mampu berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khu­susnya dalam disiplin pendidikan kimia.
  2. Mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, untuk kepentingan pengkajian dan mengkomunikasikan hasil-hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mengenal dan dapat menggunakan perangkat teknologi komunikasi mutakhir.
  4. Menguasai dengan baik metode penelitian dan dapat menggunakannya untuk me­nyelesaikan masalah-masalah yang timbul dalam bidang pendidikan kimia.
  5. Mampu menggali kekayaan nasional dan daerah dan menggunakannya dalam pe­ningkatan kualitas pembelajaran.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. SIKAP DAN TATA NILAI

Setiap lulusan Magister Pendididkan Kimia harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esadan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaandalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. KETRAMPILAN UMUM

Lulusan Program Magister Pendidikan Kimia wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut: 

  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang ilmu kimia dan pembelajarannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau mempublikasikan naskah ilmiah di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional atau makalah ilmiah tingkat nasional atau internasional.
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang pendidikan kimia dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi masalah bidang kimia dan pembelajarannya yang menjadi objek penelitian dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah bidang kimia dan pembelajarannya yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian yang lebih luas, dan organisasi profesi;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. PENGETAHUAN
    1. Menguasai filsafat sains dan landasan pendidikan, serta konsep-konsep teoritis pendekatan dalam pembelajaran kimia dan metodologi penelitian pendidikan kimia (kuantitatif, kualitatif, mixed methods, penelitian dan pengembangan (R & D, & PTK)
    2. Menguasai prinsip, hukum, konsep dan prosedur tingkat lanjut dalam bidang Kimia Fisika, Kimia Analitik, Kimia Anorganik, Kimia Organik dan Biokimia.
    3. Menguasai konsep pengembangan kurikulum dan pengembangan asesmen dalam pembelajaran kimia
  1. KETRAMPILAN KHUSUS
    1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran kimia pada tingkatan lanjut.
    2. Memahami karakteristik peserta didik dan mengembangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kharakteristik materi kimia.
    3. Mengelola dan mengembangkan pembelajaran kimia yang efektif-efisien, dan mengembangkan learning skills peserta didik pada jenjang S1 dan jenjang di bawahnya.
    4. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk mencari solusi atas masalah-masalah pembelajaran kimia dan/atau menghasilkan karya inovatif dalam bidang pembelajaran kimia.
    5. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional dalam bentuk publikasi di jurnal/proseding nasional maupun internasional.
    6. Selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan professional dalam konteks personal dan sosial-institusional.

 

*Katalog Pendidikan Kimia download