Dewantari, Aditya. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekonomi dengan Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakulras Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd. (II) Dr. Mit Witjaksono, Ms.Ed.

 

Kata Kunci: flipped classroom, pembelajaran ekonomi, keaktifan

 

Peran guru dalam proses pembelajaran adalah membimbing siswa pada kondisi belajar untuk mengkonstruk pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan belajar awal yang dimiliki siswa dan kegiatan pembelajaran hendak berpusat pada siswa. Guru hendaknya mampu untuk menyajikan dan merancang pembelajaran yang menarik, dengan kegiatan yang berpusat pada siswa sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mencapai hal tersebut, salah satunya dengan pembelajaran Flipped Classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menghasilkan sebuah rancangan pembelajaran ekonomi yang dikembangkan dengan menggunakan model Flipped Classroom untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa, (2) mengetahui keefektifan dari penggunaan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model Flipped Classroom pada mata pelajaran ekonomi.

Pengembangan perangkat pembelajaran ekonomi ini menggunakan pendekatan design based research (DBR) dengan melewati enam fase yaitu, melakukan identifikasi masalah, merumuskan produk berupa perangkat pembelajaran ekonomi dengan model flipped classroom, desain dan pengembangan perangkat pembelajaran, uji coba pengembangan perangkat pembelajaran, evaluasi kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran, dan komunikasi hasil uji coba pengembangan perangkat pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran ini diujicobakan pada siswa kelas XI kelompok peminatan ekonomi di SMA Negeri 5 Malang. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa keaktifan belajar siswa meningkat cukup tinggi dibandingkan dengan saat observasi awal. Setelah penerapan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model flipped classroom persentase keaktifan siswa yang masuk dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 87,09%.

Penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Kegiatan Guru, Lembar Kerja Siswa, dan Video Pembelajaran. Dan dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dikembangkan dengan model Flipped Classroom dapat menigkatkan keaktifan belajar siswa, karena dalam pembelajaran ini disusun berbagai kegiatan yang langsung melibatkan siswa.