Putra, Arda Purnama. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema Sejarah Peradaban Indonesia. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ruminiati, M.Si. (II) Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., M.H.

 

Kata kunci: multimedia interaktif, pembelajaran tematik, tema sejarah peradaban Indonesia

 

Fasilitas pembelajaran berbasis teknologi sudah banyak ditemui di sekolah dasar. Fasilitas tersebut sangat mendukung dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menempatkan fasilitas pembelajaran berbasis teknologi menjadi sarana yang harus digunakan dalam pembelajaran. Dari wawancara dengan guru dan siswa (4 September 2014) didapatkan keterangan bahwa multimedia interaktif disukai oleh siswa. Multimedia interaktif dapat meningkatkan daya tarik dan minat siswa dalam belajar karena multimedia interaktif menggabungkan beberapa unsur media yang melibatkan teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara reintegrasi sehingga multimedia interaktif dalam pembelajaran dibutuhkan agar pembelajaran lebih menarik, efektif, dan efisien. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pada pembelajaran tema sejarah peradaban Indonesia sub tema Kerajaan Islam di Indonesia   yang valid, praktis, efektif, dan menarik.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Bor &Gall (2003: 271) yang telah dimodifikasi, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf awal produk, (4) uji coba draf awal produk, (5) revisi produk utama, (6) uji coba produk utama, (7) revisi akhir (8) produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi, angket uji coba, pedoman wawancara, dan tes evaluasi.

Berdasarkan analisis data dari lembar validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, produk ini mendapatkan rerata skor 4,1 yang termasuk dalam kriteria valid dengan revisi kecil. Hasil uji coba draf awal produk, produk ini mendapatkan skor kepraktisan 4,6 yang termasuk dalam kriteria praktis dan mendapat skor kemenarikan 4,6 yang temasuk dalam kriteria menarik. Berdasarkan uji coba produk utama, produk ini mendapatkan skor kepraktisan 4,5 yang termasuk dalam kriteria praktis dan mendapatkan skor kemenarikan 4,2 yang termasuk dalam kriteria menarik, serta mendapatkan skor kefektifan 84,7 yang termasuk dalam kriteria efektif. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik tema Sejarah Peradaban Indonesia sub tema Kerajaan Islam di Indonesia. Produk pengembangan ini lebih menekankan pada ketercapaian KI 3 (pengetahuan) sehingga perlu dikembangkan lagi untuk menciptakan produk yang dapat memenuhi ketercapaian KI 1,KI 2, dan KI 4. Produk ini dapat disebarluaskan sebagai bahan ajar di kelas ataupun di rumah dan dapat diterapkan untuk tema yang lain.