Ciptaningtyas, Ariesta Wulandari. 2013. Pengaruh Strategi Peer Mediated Instruction and Intervention Tipe Reverse Role Tutoring Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik SMP Negeri 1 Sukodono Lumajang. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wartono, M.Pd, (II) Dr. Sentot Kusairi, M.Si.

 

Kata kunci: Peer Mediated Instruction and Intervention tipe Reverse Role Tutoring berbasis eksperimen, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar fisika.

 

Kemampuan akademik peserta didik dikelas pada umumnya bersifat heterogen. Strategi pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kemampuan akademik yang heterogen adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention tipe Reverse Role Tutoring berbasis eksperimen. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi PMII tipe RRT berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika.

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experiment post-test only control group design, karena penelitian ini mengontrol variabel tertentu untuk melihat pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Sukodono tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah total 149 peserta didik. Penentuan sampel dengan menggunakan rata-rata kemampuan awal yang didapat dari hasil ulangan harian pada materi sebelumnya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 4 kelas, dua kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik masing-masing kelas sebanyak 25 peserta didik, dan dua kelas lagi sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing kelas sebanyak 25 peserta didik. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah MANOVA Hotteling’s Trace.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yaitu kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika pada peserta didik yang dibelajarkan dengan strategi PMII tipe RRT berbasis eksperimen lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika yang dibelajarkan dengann strategi pembelajaran learning cycle-5E. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention tipe Reverse Role Tutoring berbasis eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran learning cycle-5E. Selain kemampuan berpikir kritis penelitian ini juga menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention tipe Reverse Role Tutoring berbasis eksperimen lebih tinggi daripada prestasi belajar fisika yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran learning cycle-5E.