Purwanto, Dedi. Pengaruh Pembelajaran Ekonomi, Intensitas Pendidikan Ekonomi Keluarga, Karakteristik Kepribadian, Dan Pola Pikir Terhadap Rasionalitas Berkonsumsi Siswa SMA Al – Yasini Kraton Pasuruan. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hari Wahyono, M.Pd (2) Prof. Dr. H. Wahjoedi, M.E

Kata Kunci : Pembelajaran Ekonomi, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Karakteristik Kepribadian, Pola Pikir, dan Rasionalitas Berkonsumsi

Pendidikan ekonomi dapat dilakukan dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pendidikan ekonomi yang diperoleh anak melalui tri (tiga) pusat pendidikan serta lingkungan akan mempengaruhi perilaku ekonomi anak. Berdasarkan intensitas pengalaman pendidikan ekonomi di keluarga, sekolah dan masyarakat maka secara bertahap dan terus menerus akan membentuk karakteristik kepribadian anak yang khas. Sehingga menunjukkan jika anak tersebut mampu menyerap nilai-nilai, motif dan prinsip ekonomi yang didapatkan dari pengalamannya. Dengan demikian seorang anak akan memiliki pola pikir yang lebih matang dan rasional dalam melakukan tindakan konsumsi.

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menjelaskan pengaruh yang signifikan pembelajaran ekonomi terhadap pola pikir (2) Menjelaskan pengaruh yang signifikan intensitas pendidikan ekonomi keluarga terhadap pola pikir (3) Menjelaskan pengaruh yang signifikan karakteristik kepribadian terhadap pola pikir (4) Menjelaskan pengaruh yang signifikan pembelajaran ekonomi terhadap rasionalitas berkonsumsi (5) Menjelaskan pengaruh yang signifikan intensitas pendidikan ekonomi keluarga terhadap rasionalitas berkonsumsi (6) Menjelaskan pengaruh yang signifikan karakteristik kepribadian terhadap rasionalitas berkonsumsi (7) Menjelaskan pengaruh yang signifikan pola pikir terhadap rasionalitas berkonsumsi.

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X, XI, dan XII jurusan IPS SMA Al – Yasini Kraton di Pasuruan tahun pelajaran 2014/2015 beserta orang tuanya. Penelitian ini menggunakan rancangan korelational. Pengambilan sampel sebanyak 138 ditentukan dengan sampling estimasi proporsi tanpa pengulangan (sampling without replacement). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert dengan lima alternatif jawaban pertanyaan tertutup. Teknis analisis data menggunakan SPSS 16.00 for Windows dan Lisrel 8.80 for Windows NT. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment sedangkan untuk reabilitas instrumen menggunakan nilai Croamback Alpha.

Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) Pembelajaran ekonomi tidak berpengaruh terhadap pola pikir (2) Intensitas pendidikan ekonomi keluarga tidak berpengaruh terhadap pola pikir (3) Karakteristik kepribadian berpengaruh terhadap pola pikir (4) Pembelajaran ekonomi tidak berepngaruh terhadap rasionalitas berkonsumsi (5) Intensitas pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh terhadap rasionalitas berkonsumsi (6) Karakteristik kepribadian tidak berpengaruh terhadap rasionalitas berkonsumsi (7) Pola pikir tidak berpengaruh terhadap rasionalitas berkonsumsi.

Melalui pendidikan ekonomi keluarga yang optimal diharapkan dapat meningkatkan rasionalitas berkonsumsi siswa. Seorang siswa diharapkan lebih bersikap rasional baik dalam pemanfaatan uang maupun dalam hal berkonsumsi dengan cara membuat daftar skala prioritas kebutuhan, membuat catatan sumber pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Bagi penelitian selanjutnya disarankan lebih mengembangkan variabel yang ada hubungan dan pengaruhnya terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa.