Baidowi, Arif. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (2) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi

 

Model pembelajaran berbasis proyek memiliki banyak kelebihan dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah siswa. Pada kompetensi dasar mata pelajaran geografi SMA, salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa yaitu dapat mengomunikasikan contoh tindakan dalam bentuk karya ilmiah. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa dalam kegiatan ilmiah sebagai upaya peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain non equivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Campurdarat. Instrumen pengukuran kemampuan menulis karya ilmiah geografi menggunakan rubrik penilaian karya ilmiah yang diadaptasi dari format penilaian karya ilmiah LPIR tahun 2014 tingkat Nasional Lustrum XII UM. Hasil pengukuran dianalisis menggunakan uji beda (independent sampel t test) dengan bantuan program SPSS 20.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata gain score kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa kelas eksperimen adalah 27,19 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 20,50. Hasil perhitungan analisis uji beda menunjukkan signifikansi (sig) kurang dari 0,05 (sig < 0,05) yaitu sig 0,001. Hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis karya ilmiah geografi siswa SMA.

Saran yang dapat diberikan yaitu: (1) model pembelajaran berbasis proyek dapat direkomendasikan untuk diterapkan oleh guru pada mata pelajaran geografi maupun mata pelajaran lainnya; (2) guru disarankan untuk memberikan alokasi waktu yang cukup dan melakukan monitoring selama pembelajaran sehingga dapat melakukan tindakan ketika ditemukan siswa yang mengalami kesulitan ataupun siswa yang pasif dalam pembelajaran; dan (3) peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji lebih lanjut kemampuan model pembelajaran berbasis proyek dalam mempengaruhi variabel lain, misalnya: hasil belajar, minat, motivasi belajar, dan keaktifan siswa.