Afianti. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Segiempat Siswa Kelas VII di SMP Ma’arif Kota Batu. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si, (II) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd.

 

Kata Kunci: segiempat, media manipulatif, peningkatan pemahaman, pembelajaran kooperatif Think Pair Share.

 

Segiempat merupakan materi dalam matematika yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu materi ini penting untuk diberikan kepada siswa. Selama ini di SMP Ma’arif Batu menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi segiempat sangat rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Ma’arif Batu masih bersifat teacher centered, sehingga siswa cenderung meniru dan menghafal materi tanpa memahaminya. Akibatnya siswa mudah lupa terhadap rumus-rumus materi yang ada dan bingung mengaplikasikan rumus tersebut. Selain itu, siswa juga pasif dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka digunakan model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share), yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara individu, berpasangan dan juga menyampaikan pendapatnya. Pada pelaksanaannya, pembelajaran ini dipadukan dengan media manipulatif yang berupa kertas warna warni untuk menarik perhatian siswa dan membantu siswa untuk berpikir konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran kooperatif TPS berbantuan benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman materi segiempat siswa kelas VII di SMP Ma’arif Kota Batu.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Menurut Kemmis dan Taggart, PTK dilakukan dengan menggunakan siklus.Siklus pada penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan tes. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa pemahaman yang diperoleh dari nilai tes akhir dan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif TPS yang diperoleh melalui observasi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIIA SMP Ma’arif Kota Batu tahun ajaran 2013/2014 semester dua dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa.

Tindakan pembelajaran yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran kooperatif TPS berbantuan media manipulatif adalah: (a) Think : memberi kesempatan kepada semua siswa untuk berpikir secara individu dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang telah diberikan dalam bentuk LKS; (b) Pair : mendiskusikan hasil pemikiran masing-masing siswa dengan kelompoknya (pasangannya) dengan menggunakan media manipulatif; (c) Share : memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan mendapat masukan/saran dari kelompok lainnya.

Pada penelitian ini ditemukan adanya peningkatan pemahaman yang diperoleh dengan membandingkan hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan data hasil penelitian menyatakan bahwa persentase hasil tes yang mendapatkan skor ≥ 70 meningkat sebesar 12% yaitu dari 65% pada siklus 1 menjadi 77% pada siklus 2. Persentase hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 87% pada siklus 1 menjadi 92% pada siklus 2. Persentase hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari 87% pada siklus 1 menjadi 92% pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan pemahaman materi segiempat siswa kelas VIIA di SMP Ma’arif Kota Batu.