PROBLEMATIKA PENYUSUNAN BAHAN AJAR

BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) TINGKAT MADYA

 

Sheilla Arumdyahsari

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: sheilla.arum@gmail.com

 

 

ABSTRAK: Bahan ajar merupakan salah satu komponen pembelajaran yang perlu dipertimbangkan proses penyusunannya supaya tercipta bahan ajar yang cocok untuk target pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan problematika penyusunan bahan ajar BIPA tingkat madya. Jabarannya adalah problematika penyusunan, penyajian materi, serta bahan ajar BIPA tingkat madya harapan pengajar dan pelajar asing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian keBIPAan. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa problematika penyusunan terletak pada kesulitan pemilihan acuan dan standar berbahasa yang dipakai pengajar, serta analisis kebutuhan pelajar asing. Problematika penyajian materi terletak pada kesulitan pemilihan materi yang akurat dan terkini. Bahan ajar harapan pengajar adalah bahan ajar BIPA tingkat madya yang layak digunakan melalui proses penyusunan dan penyajian yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan acuan yang dipakai, terutama layak berdasarkan isi, tampilan, dan bahasa.

 

Kata kunci: penyusunan bahan ajar, bahan ajar BIPA, dan BIPA tingkat madya