LINGUISTIK DAN PEMBELAJARAN BAHASA
DAN SASTRA INDONESIA (ANALISIS KONTRASTIF)

 

Tobias Nggaruaka

Universitas Negeri Malang Jalan Semarang 5 Malang 65145
Email: tobias.nggaruaka@gmail.com

ABSTRAK: Pendidikan merupakan landasan pembentukan sumber daya manusia yang cerdas dan bermartabat. Kehidupan saat ini, kajian dan paradigma pendidikan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Perkembangan paradigma pendidikan itu didasarkan pada perkembangan dan tuntutan masa, sehingga program pendidikan sekarang dirancang sedemikian rupa untuk memberikan tuntunan bagi peserta didik, sehingga dalam dunia pendidikan para pembelajar dapat dibekali dengan kemampuan tertentu khusunya kemapuan berbahasa, baik secara lisan maupun tertulis. Kajian pendidikan terus dilakukan untuk meberikan makna pendidikan yang berarti bagi generasi penerus bangsa. Pendidikan bahasa terus berkembang berdasarkan perkembangan IPTEK, sehingga kajian bahasa terus ditingkat dengan adanya penerapa subdisiplin ilmu yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam tulisan ini, dijabarkan beberapa hal yang menjadi fokus kajian dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (analisis konstraktif).

 

Kata kunci: linguistik, pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, dan analisis

konstratif