MINIMNYA PARTISIPASI SISWA SECARA LISAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS DAN ALTERNATIF SOLUSINYA

Hasan Nugroho

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: hasannugroho90@gmail.com

 

ABSTRAK: Salah satu masalah umum dalam PBI adalah minimnya partisipasi atau respon yang diberikan siswa di dalam kelas secara lisan, terutama ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa atau ketika guru meminta siswa untuk performansi di depan kelas. Masalah ini erat kaitannya dengan keterampilan berbicara. Guru akan menemukan pola bahwa siswa yang memberikan respon atau unjuk diri adalah siswa yang sama setiap pertemuannya. Beberapa hal yang menjadi faktor penyebab minimnya respon siswa di dalam kelas adalah tingginya tingkat stres siswa, tidak ada atau rendahnya skemata siswa terhadap topik atau teks yang dibicarakan di kelas, serta pandangan negatif siswa terhadap gurunya. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu solusi yang tepat supaya tidak menimbulkan efek domino yang negatif, yaitu dengan mengurangi tingkat ketegangan siswa, melakukan pembelajaran terintegratif reseptif-produktif salah satunya dengan membaca-berbicara, serta meningkatkan kualitas guru.

 

Kata kunci: pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbicara, solusi.