PEMBELAJARAN BAHASA LINTAS KURIKULUM UNTUK MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

 

Ryan Nuansa Dirga

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: ryandirga@gmail.com

 

ABSTRAK: Bahasa adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Melalui bahasa manusia dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Mengingat pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa juga diajarkan di pendidikan formal mulai jenjang pendidikan dasar hingga jenjang pendidikan tinggi. Pendekatan pembelajaran bahasa juga telah berkembang dari waktu ke waktu. Pada era globalisasi yang semuanya serba cepat seperti sekarang ini diperlukan suatu pendekatan pembelajaran bahasa yang efektif dan efisien untuk digunakan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pembelajaran bahasa lintas kurikulum atau Content Language Integrated Learning (CLIL). Pembelajaran bahasa lintas kurikulum sebenarnya telah berkembang di Eropa pada tahun 90an, tetapi masih merupakan pendekatan pembelajaran bahasa yang cukup baru di Indonesia dan sekarang mulai dilirik oleh para praktisi bahasa. Artikel ini bertujuan untuk membahasa pengertian dan konsep pembelajaran bahasa lintas kurikulum dan cara membuat desain pembelajaran bahasa lintas kurikulum.

 

Kata kunci : pembelajaran, bahasa, lintas kurikulum, CLIL