HARMONISASI ESTETIKA ALAT MUSIK HE’O DALAM PEMBELAJARAN MUSIKALISASI PUISI PADA SISWA KELAS IX SMP ST YOSEF MAUBESI

 

Paskalis Senu

Mahasiswa Pascasarjana Universitas negeri Malang

SMP Maubesi, Jalan Timor Raya, Kec Insana Tengah, Kab. TTU – NTT

Email: paskalissenu@gmail.com

 

 

ABSTRAK: Pelaksanaan pembelajaran sastra di sekolah hendaknya mampu memberikan sesuatu yang berguna bagi siswa. Diharapakan siswa mampu memilih dan memilah karya-karya yang berbobot yang memberikan manfaat estetis dan etika. Diharapkan juga siswa memahami dan memaknai hidup secara nyata melalui imajinasinya sehingga mampu memberi pemahaman secara mendalam mengenai sifat dan kondisi eksistensi manusia. Ada satu pesan moral yang disampaikan dalam balutan keindahan dalam sebuah karya sastra. Guru yang bijak tidak mungkin memilihkan bacaan-bacaan yang sekadar memberikan hiburan semata yang justru meracuni siswa dengan melupakan eksistensinya sebagai manusia. Guru harus memilih bacaan-bacaan yang berisi nilai-nilai positif bagi siswa. Penulisan ini memberikan deskripsi yang jelas bahwa dengan menerapkan teknik musikalisasi puisi dalam pembelajaran apresiasi puisi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (baik proses maupun hasil). Apresiasi puisi ini dapat digunakan sebagai suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menggunakan media berupa alat musik tradisional (alat musik He’o ataupun alat musik yang lain) sebagai media alternatif dalam pembelajaran apresiasi puisi. Kearifan literasi budaya lokal perlu kita lestarikan lewat sekolah terlebih pada Kegiatan Belajar Mengajar di kelas.    

 

Kata kunci: Estetika, Harmonisasi, (He,o), musikalisasi puisi.