METODE PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA

 

Muh. Irfan Mukhlishin

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

 

ABSTRAK: Metode pembelajaran two stay-two stray (TS-TS) adalah metode pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Prinsip dasar metode ini adalah membagi sebuah kelompok menjadi dua bagian, yakni yang tinggal dan berkunjung ke kelompok lain. Metode ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini karena pada dasarnya metode TS-TS ini menuntut siswa untuk berbicara, baik yang tinggal di kelompok maupun yang bertamu ke kelompok lain. Implementasi metode TS-TS dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara implisit dan eksplisit. Pertama, metode ini digunakan dalam materi pembelajaran berbicara itu sendiri, atau secara eksplisit. Kedua, metode ini digunakan dalam materi pembelajaran lain selain berbicara. Secara tidak langsung, siswa juga akan meningkatkan kemampuan berbicaranya karena memang metode ini menuntut demikian. Implementasi ini adalah implementasi secara implisit.

 

Kata kunci: Two stay-two stray, berbicara