PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-IIS.1 PADA MATERI KEARIFANDALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI SMA NEGERI 1 KEDUNGPRING LAMONGAN

 

Terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran geografi di kelas XI-IIS.1 SMA Negeri 1 Kedungpring, yaitu (1) hasil belajar geografi siswa yang masih rendah; (2) kurangnya minat belajar pada diri siswa; (3) pemanfaatan sumber belajar di sekolah yang masih rendah dan kurang variatif; (4) rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah, dan (5) kurang optimalnya pemanfaatan sarana belajar di sekolah oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI-IIS.1 SMA Negeri 1 Kedungpring melalui penerapan model Resource Based Learning pada materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Tiap pertemuan menggunakan alokasi waktu 2 x 45 menit. Tiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar siswa dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran model Resource Based Learning. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan gain score.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada kegiatan pra tindakan adalah 70,00. Siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74,40. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 80,70. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa diikuti dengan peningkatan hasil ketuntasan belajar secara klasikal. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada pra tindakan sebesar 30%, pada siklus I meningkat menjadi 65%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan hingga ke siklus II melalui analisis gain score menunjukkan skor 0,36 yang berarti termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model Resource Based Learning di kelas XI-IIS.1 SMA Negeri 1 Kedungpring dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa.

Saran yang dapat diberikan dalam penerapan model Resource Based Learning, yaitu: (1) perlunya pengaturan alokasi waktu dalam pembelajaran; (2) dalam proses pembelajaran diupayakan aktivitas guru tidak terlalu dominan; dan (3) perlu adanya perencanaan dan persiapan secara matang dalam pemilihan sumber belajar yang digunakan

1 2

Dewan Penguji

  1. Drs. I Komang Astina. M.S. Ph.D.
  2. Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.

Pembimbing

  1. Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd. MP
  2. Dr. Achmad Amirudin, M.Pd.

Biodata Penulis

NAMA                                          : AGUS SANTOSO, S.Pd.

NIM                                              : 140721808521

PROGRAM STUDI                       : PENDIDIKAN GEOGRAFI

TEMPAT, TANGGAL LAHIR        : SURABAYA, 30 AGUSTUS 1981

JENIS KELAMIN                           : LAKI-LAKI

AGAMA                                        : ISLAM

ALAMAT                                       : KEDUNGPRING RT 002/ RW 001

                                                        KEC. KEDUNGPRING, KAB. LAMONGAN

TELPON/HP                                 : 085733335760

EMAIL                                           : gugusanagus@gmail.com

STATUS                                        : KAWIN

PEKERJAAN                                  : GURU PNS

INSTANSI                                      : SMA NEGERI I KEDUNGPRING,    KABUPATEN LAMONGAN

id_IDIndonesian