PENGARUH METODE PEER TUTORING DAN MOTIVASI BELAJARSISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SDN MELAYU 2 BANJARMASIN
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka dapat dikemukakan perumusan masalah sebagai berikut :
a) Adakah pengaruh metode peer tutoring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Melayu 2 Banjarmasin Timur?
b) Adakah pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Melayu 2 Banjarmasin Timur?
c) Adakah pengaruh interaksi metode peer tutoring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS?
Manfaat Penelitian
Manfaat Teoretis
a) Merupakan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan pada umumnya dan pendidikan sekolah dasar pada khususnya.
b) Sebagai bahan atau referensi bagi para peneliti yang lain yang ingin mengembangkan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.
Manfaat Praktis
a) Bagi sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mcngajar.
b) Bagi guru, sebagai bahan masukan dalam memilih metode yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas sehingga guru dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
c) Bagi siswa, sebagai pedoman dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar selama mengikuti mata pelajaran IPS.
Nama Penguji dan Pembimbing
Dr. Cholid Sa’dijah, M.Pd., M.A (Ketua Dewan Penguji)
Dr. Ery Tri Djatmika RWW., M.A., M.Si (Penguji)
Dr. Anang santoso, M.Pd (Pembimbing I)
Dr. Sugeng Utaya, M.Si (Pembimbing II)
Biodata Diri
Nama : Khalida Rozana Ulfah
Tempat Tanggal Lahir : Banjarmasin, 28 April 1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Jl. Veteran Komplek Perumahan Simpang Pengambangan Indah Blok A No. 5, Banjarmasin, Kalimantan Selatan