PEMBELAJARAN BERBASIS CUSTOMER SERVICE SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN KESANTUNAN BERBAHASA

 

Nina Septia Rahmawati

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Guru SMPN 19 Malang

Jalan Belitung Nomor 1 Malang

nina_dewi19@yahoo.co.id

 

 

ABSTRAK: Setiap siswa seyogyanya memiliki kesantunan dalam berbahasa, dengan model pembelajaran customer service kesantunan berbahasa siswa dapat ditumbuhkan. pembelajaran customer service merupakan pengadaptasian dari model pembelajaran service learning, yaitu pembelajaran lapangan yang dikemukakan John Dewey. Pembelajaran ini melatih siswa memiliki pengetahuan tentang situasi nyata dalam masyarakat dan kemampuan untuk mengatasinya, serta untuk membentuk karakter terutama agar mereka memiliki kesadaran berbela rasa atau peduli terhadap kaum lemah dan tersisihkan (preferential option for the poor). Model ini dirancang salah satunya untuk kegiatan pembelajaran teks ulasan pada kompetensi menyajikan teks ulasan yang didengar atau dibaca. Pembelajaran teks ulasan berbasis customer service ini bertujuan melatih kepedulian siswa dalam membantu orang lain dengan memberikan pelayanan dengan bahasa yang santun kepada orang yang bertanya.

 

Kata kunci: Kesantunan, berbahasa, pembelajaran, customer, service