PANDANGAN HIDUP GURU BAHASA INDONESIA KONSERVATIF SMP NEGERI 3 MALANG
Agus Purnomo Ahmad Putikadyanto
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang
Email: aguspurnomo.ap2@gmail.com
ABSTRAK: Perpecahan ideologi pendidikan berimplikasi pada pembelajaran bahasa Indonesia, termasuk di SMPN 3 Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pandangan hidup guru bahasa Indonesia konservatif SMPN 3 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan hidup guru bahasa Indonesia SMPN 3 Malang yang berideologi konservatif tentang tujuan pendidikan secara menyeluruh (umum), tujuan sekolah, ciri-ciri umum, anak sebagai pelajar, administrasi dan pengendalian, sifat-sifat kurikulum, implementasi mata pelajaran, metode pengajaran dan penilaian hasil belajar, dan kendali di ruang kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia konservatif SMPN 3 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan rambu-rambu ideologi pendidikan O’Neil (2008). Hasil penelitian ini adalah pandangan hidup guru bahasa Indonesia konservatif SMPN 3 Malang tentang tujuan pendidikan secara menyeluruh (umum), tujuan sekolah, ciri-ciri umum, anak sebagai pelajar, administrasi dan pengendalian, sifat-sifat kurikulum, implementasi mata pelajaran, metode pengajaran dan penilaian hasil belajar, dan kendali di ruang kelas beragam. Akan tetapi, tidak semua pandangan hidup guru tersebut tidak selalu sama persis dengan teori rambu-rambu ideologi pendidikan konservatif O’Neil (2008).
Kata kunci: Ideologi pendidikan konservatif, pandangan hidup, guru Bahasa Indonesia SMPN 3 Malang