E-ASSESSMENT-BASED SOCMED SEBAGAI MEDIA SELF AND PEER-ASSESSMENT DALAM PORTOFOLIO SISWA DAN PEMBINAAN KESANTUNAN BERBAHASA

Nur Dwi Sukmono

Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami 36A Surakarta

Email: ndconnan007@gmail.com

 

ABSTRAK:Socmed (Social Media) adalah media yang dapat menghubungkan secara langsung melalui ruang dan waktu yang berbeda. Facebook merupakan socmed yang dapat dikembangkan oleh guru untuk menjadi media penilain siswa. Jenis penilaian yang digunakan adalah peer-Assissment dan self-Assessment melalui penugasan portofolio di tingkat SMA. Tujuan dari self and peer-Assessment pada penugasan portofolio siswa adalah 1) mendorong keterlibatan siswa dan rasa tanggung jawab, 2) Fokus terhadap pengembangan tugas, 3) memberikan umpan balik yang lebih relevan terhadap sesama siswa, 4) Sebagai bahan kajian untuk mengukur kemampuan diri dan teman. Makalah ini bertujuan untuk memberikan trobosan baru dalam penggunaan media Facebook sebagai self and peer-Assessment sebagai penugasan portofolio terhadap memberikan penilaian secara otentik dan dapat memberikan pengawasan terhadap penggunaan bahasa.

Kata kunci: E-Assessment-based Socmed, self and peer-Assessment, portofolio