PEMERTAHANAN BAHASA INDONESIA

SEBAGAI BAHASA PENGANTAR PENDIDIKAN

DALAM PROSES PEMBELAJARAN

 

Liana Rochmatul Wachidah

Universitas Negeri Malang Jalan Semarang 5 Malang

Email : lianarwachidah@yahoo.com

 

ABSTRAK: Bahasa Indonesia memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosial peserta didik. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pembelajaran di sekolah menjadikan bahasa Indonesia sebagai jembatan bagi peserta didik agar mampu mempelajari bidang pelajaran yang lain dengan optimal. Selain sebagai bahasa pengantar di sekolah, bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memunculkan konsekuensi perlunya pemertahanan bahasa Indonesia. Usaha untuk pemertahanan bahasa Indonesia dapat ditempuh melalui penanaman rasa kesadaran untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam tindak berbahasa baik lisan maupun tulis. Hal yang utama adalah hadirnya kesadaran pada pendidik dan peserta didik sebagai civitas akademik sekaligus sebagai putra-putri Indonesia untuk menempatkan bahasa Indonesia sesuai dengan kedudukannya, baik sebagai bahasa nasional maupun sebagai pengantar pendidikan.

 

Kata kunci: pemertahanan, bahasa Indonesia, bahasa pengantar pendidikan, proses pembelajaran