INTERFERENSI GRAMATIKAL BAHASA JAWA KE DALAM BAHASA INDONESIA PADA CERPEN SISWA KELAS VII SMPK COR JESU MALANG

 

Ajeng Cahya Nurani

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: ajengcahyanuranie@gmail.com

 

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan wujud-wujud atau bentuk-bentuk interferensi bahasa Jawa dalam bahasa Indonesia pada karangan siswa SMPK Cor Jesu, (2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab munculnya interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada karangan siswa SMPK Cor Jesu, dan (3) mengetahui jenis upaya guru dalam mengatasi terjadinya interferensi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada cerpen siswa SMPK Cor Jesu. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat ragam interferensi dalam karya cerpen siswa yang meliputi beragam aspek kebahasaan yang terbagi dalam beberapa tipe. Penyebab munculnya interferensi adalah (1) proses pembelajaran bahasa Indonesia disampaikan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang bercampur bahasa Jawa, (2) kedwibahasaan siswa mengakibatkan munculnya interefrensi, (3) kebiasan siswa menggunakan bahasa Jawa pada saat mempelajari bahasa Indonesia menimbulkan kebiasaan negatif, dan (4) Tipisnya kesetiaan pemakai bahasa penerima cenderung menimbulkan sikap kurang positif. Sementara upaya untuk mencegah terjadinya interferensi, yaitu: (1) guru harus lebih responsif tentang interferensi gramatikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia, dan (2) siswa yang beretnis jawa harus meninggalkan kebiasaan menggunakan bahasa Jawa dalam pembelajaran di sekolah demi kemahiran menulis dalam bahasa Indonesia yang baik, benar, dan efektif.

 

Kata kunci: interferesi gramatikal, cerpen, bahasa Jawa, bahasa Indonesia.