PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN MEMBACA KRITIS UNTUK SISWA SMA/SMK

 

Zeny Dwi Cahyanto

SMA Negeri 1 Malang

Email: zenydwireog@gmail.com

 

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen asesmen membaca kritis dan mendeskripsikan hasil uji coba kepada ahli materi membaca kritis, ahli instrumen asesmen, ahli praktisi, serta siswa. Terdapat empat jenis teks yang digunakan sebagai bahan membaca kritis yaitu teks eksposisi, eksplanasi kompleks, anekdot, dan cerpen. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) ahli membaca kritis memperoleh persentase 94% (layak dan dapat diimplementasikan), (2) ahli instrumen asesmen memperoleh persentase 80% (layak dan dapat diimplementasikan), (3) ahli praktis memperoleh persentase 82% (layak dan dapat diimplementasikan), dan (4) hasil uji coba siswa kelas X memperoleh persentase 81% dan kelas XI memperoleh persentase 76% (keduanya layak dan dapat diimplementasikan).

 

Kata kunci : instrumen asesmen, membaca, berpikir kritis, membaca kritis