MENGEMBANGKAN KECERDASAN LINGUISTIK (LINGUISTIC INTELLIGENCE) PADA KETERAMPILAN MENULIS DENGAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS PROYEK SISWA SMA

 

Agus Setiawan

Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami 36A Surakarta

Email: bestari.agus@gmail.com

 

ABSTRAK: Kecerdasan linguistik (linguistic intelligence) dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan menulis sangat dipentingkan. Kecerdasan linguistik sangat penting karena dapat membantu siswa mengungkapkan gagasan dan idenya pada tulisan yang tersaji lewat penggunaan bahasa yang efektif dengan tata bahasa yang benar. Pada pembelajaran menulis karya tulis ilmiah pada siswa SMA mengalami permasalahan salah satunya adalah kurang maksimal dalam pengerjaan, intensitas waktu, dan motivasi yang kurang. Kecerdasan yang diukur hanya dari hasil ujian menjadi problematika yang sampai saat ini terjadi. Kecerdasan linguistik adalah salah satu kecerdasan yang patut dikembangkan pada setiap siswa karena terkait dengan pemahaman kebahasaan. Pada tulisan ini akan dibahas tentang; mengembangkan kecerdasan linguistik pada keterampilan menulis dengan karya tulis ilmiah dan langkah-langkah penulisan karya tulis ilmiah berbasis proyek siswa di SMA sebagai wujud kecerdasan linguistik. Penulis meyakini bahwa keterampilan menulis karya tulis ilmiah yang berbasis proyek di SMA akan dapat membuat siswa semakin maksimal dan totalitas dalam penulisannya, karena tugas bermuara pada produk yakni buku. Produk yang lahir berupa buku akan dapat merepresentasi kecerdasan linguistik yang dimiliki oleh siswa SMA dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Kata kunci: kecerdasan linguistik, karya tulis ilmiah, berbasis proyek