DESAIN PEMBELAJARAN MENYIMAK DENGAN METODE DLTA UNTUK PENDIDIKAN LOGIKA

Fitriani

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: alfidhanprastowo9@gmail.com

 

ABSTRAK: Pendidikan melalui sastra perlu dilakukan untuk menumbuhkembangkan kompetensi siswa yang dapat diimplementasikan dalam kompetensi menyimak. Pendidikan melalui sastra ini dirancang untuk bisa mengembangkan kompetensi siswa dan menumbuhkan keseimbangan antara spiritual, emosional, etika, logika, estetika, dan kinestika serta mengembangkan kecakapan hidup dan belajar sepanjang hayat. Tujuan ideal tersebut dapat diterapkan melalui rancangan model pembelajaran yang baik pada pembelajaran menyimak kritis dan kreatif suatu karya sastra. Karya sastra sebagai hasil imajinasi dan interpretasi sastrawan terhadap pengalaman hidup dapat digunakan untuk pendidikan logika siswa. Di dalam karya sastra memuat banyak nilai kebenaran dan kebaikan yang dapat menumbuhkan karakter positif pada diri siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dapat dirancang pembelajaran dengan metode DLTA (Directed Listening Thinking Activity).

 

Kata kunci: pembelajaran menyimak, pendidikan logika, metode Directed Listening Thinking Activity