PENDIDIKAN MULTIPLE INTELLEGENCE MELALUI PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG

 

Anita Kurnia Rachman

IKIP Budi Utomo Malang, Jalan Citandui No. 41

Email: anita_kurnia_rachman@yahoo.com

 

 

ABSTRAK: Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh sisiwa. Pembelajaran menulis khususnya menulis sastra dalam kurikulum 2013 diharapkan mampu membangun karakter dan meningkatkan kecerdasan siswa. Menulis merupakan kegiatan yang tidak langsung jadi, melainkan kegiatan yang membutuhkan proses. Pembelajaran sastra tidak hanya digunakan untuk mengasah kemampuan pengetahuan tentang sastra. Pembelajaran sastra dapat digunakan untuk mengembangkan kepribadian siswa. Pengembangan kepribadian siswa ini dapat dilakukan dengan multiple intelligence (kecerdasan ganda). Kecerdasan ganda ini dapat dilakukan ketika kegiatan pembelajaran di kelas dengan mengabungkan antara materi dengan medel yang digunakan oleh guru. Peningkatan Pembelajaran menulis sastra membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Model pembelajaran Stimulus respon yang dikembangkan dari model pembelajaran Picture and Picture diharapkan mampu mengasah kemampuan siswa dalam kegiatan menulis dongeng.

 

Kata kunci: stimulus respon, multiple intellegence, menulis