Pendidikan Fisika

Rasional

Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana UM diselenggarakan dengan beberapa dasar pemikiran. Di antara pemikiran tersebut adalah untuk 1) memenuhi minat dan memfasilitasi peningkatan karir para guru fisika di SMP dan SMA untuk peningkatan keprofesionalan melalui pendidikan fisika jenjang magister (S-2); 2) memenuhi permintaan lulusan Program Studi Sarjana Pendidikan Fisika dan Sarjana Fisika, serta dosen-dosen di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang masih bergelar sarjana (S-1) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister (S-2); dan 3) memenuhi kebutuhan stakeholder lainnya yang memiliki minat dan perhatian terhadap Pendidikan Fisika untuk memperoleh pendidikan jenjang magister pada bidang Pendidikan Fisika. Pemikiran tersebut memberikan inspirasi dan peluang untuk menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Fisika di Pascasarjana UM. Secara kelembagaan, penyelenggaraan Program Studi Magister Pendidikan Fisika ini sangat didukung oleh Pascasarjana dan Universitas Negeri Malang. Penyelenggaraan Program Studi Magister Pendidikan Fisika ini diharapkan dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia Indonesia pada umumnya dan mutu Pendidikan Fisika pada khususnya.

 

Visi

Program Magister Pendidikan Fisika sebagai program studi yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang pendidikan Fisika yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi layanan akademik prodi yang bermutu dan berdaya saing.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Fisika yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan Fisika, ilmu pengetahuan Fisika, dan teknologi.
  4. Menyelenggarakan tatapamong yang akuntabel dan transparan untuk menjamin peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan Magister Pendidikan Fisika yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara professional;
  2. Menghasilkan Magister Pendidikan Fisika yang memiliki penguasaan materi bidang Fisika yang memadai sebagai dasar mengembangkan kompetensi keguruan di sekolah dan perguruan tinggi; kemampuan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran Fisika sebagai dasar mengembangkan keahlian dalam pembelajaran Fisika; kemampuan menyelesaikan problematika pendidikan dan pembelajaran Fisika; dan kemampuan mengembangkan ilmu dan teknologi melalui penyelenggaraan  pembelajaran, penelitian, pengembangan dan kegiatan ilmiah lainnya dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika; serta bersifat terbuka, tanggap, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujukan dalam bidang Pendidikan dan PembelajaranFisika;
  4. Menghasilkan kinerja program studi yang efektif dan efisien untuk menjamin pertumbuhan kualitas dan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berkelanjutan di bidang Pendidikan dan Pembelajaran Fisika.

 

Profil dan Standar Kompetensi Lulusan

Program Magister Pendidikan Fisika dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai pendidik bidang Fisika, peneliti dan pengembang pendidikan Fisika. Profil tersebut dicapai dengan uraian kompetensi lulusan yang didasarkan pada deksripsi KKNI level 8. Standar kompetensi lulusan Program Magister Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang adalah sebagai berikut.

  1. Menguasai filosofi ilmu Fisika dan pendidikan Fisika
  2. Menguasai konsep dan prinsip Fisika tingkat lanjut.
  3. Mengembangkan multimedia pembelajaran Fisika yang inovatif dan teruji melalui penelitian pendidikan Fisika
  4. Mengembangkan penilaian dalam pembelajaran fisika dan teknik evaluasi program pendidikan Fisika
  5. Menganalisis dan mengembangkan pembelajaran multidisplin yang inovatif dan teruji melalui penelitian pendidikan Fisika
  6. Menguasai metodologi penelitian pendidikan Fisika dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji
  7. Menganalisis dan menemukan alternatif solusi dari problematika pendidikan dan pembelajaran Fisika di sekolah dan perguruan tinggi dengan pendekatan inter atau multidisipliner
  8. Merancang proposal penelitian pendidikan Fisika dan menyeminarkannya dalam forum diskusi terpumpun.
  9. Membuat laporan penelitian pendidikan Fisika dan mempublikasikan karya ilmiah dalam forum nasional dan/atau internasional.

 

Capaian Pembelajaran

Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, setiap lulusan Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang hendaknya memiliki kriteria kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang adalah sebagai berikut.

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius ;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  1. Pengetahuan
    1. Menguasai filosofi pendidikan Fisika, teori belajar dan pembelajaran, serta implikasinya pada pembelajaran Fisika;
    2. Menguasai metodologi penelitian pendidikan Fisika dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan berbagai desain penelitian pendidikan;
    3. Menguasai berbagai alternatif pemecahan masalah dari problematika pendidikan dan pembelajaran Fisika di sekolah dan perguruan tinggi dengan pendekatan inter atau multidisipliner;
    4. Menguasai ilmu Fisika dan pedagogical physics-content tingkat lanjut untuk mengembangkan ilmu pendidikan Fisika, yang mencakup materi mekanika klasik, elektrodinamika, mekanika statistik, mekanika kuantum.
  1. Keterampilan Umum
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
    7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  1. Keterampilan Khusus
    1. Mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan Fisika melalui penelitian pendidikan hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji;
    2. Mengidentifikasi dan memecahkan problematika pendidikan dan pembelajaran fisika dengan menggunakan berbagai pendekatan inter atau multidisipliner;
    3. Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta berbagai desain penelitian pendidikan untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan teruji
    4. Mempublikasikan karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian pendidikan Fisika di tingkat nasional dalam forum seminar nasional, jurnal nasional, dan atau seminar/jurnal internasional.