Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP DAERAH Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan
Tujuan
- Untuk mengkaji jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan pada kelas VII SMP DAERAH Wuluhan di kabupaten Jember berdasarkan Newman error clasification.
- Menggali proses terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan.
Masalah Penelitian
- Apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan Newman error clasification?
- Bagaimanakah proses terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan Soal cerita pecahan?
Manfaat
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi beberapa kalangan, diantaranya sebagai berikut.
- Bagi sekolah
Dapat memberikan pemikiran penyelesaian dari permasalahan yang dihadapi siswa terkait dengan kesulitan siswa dalam operasi bilangan pecahan sehingga dapat digunakan untuk upaya meningkatkan dan pengembangan pembelajaran.
- Bagi peneliti
Memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang permasalahan yang dihadapi siswa dan dapat menjadi bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya.
- Bagi guru
Berguna untuk mengatasi permasalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan pecahan. Menganalisa letak dan mengetahui jenis kesalahan siswa agar dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi.
Nama Penguji dan Pembimbing
Penguji | : | 1. Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc
2. Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si. Ph.D |
Pembimbing | :
|
1. Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D
2. Dr. Sudirman, M.Si. |
Biodata Diri
Nama | : | Edy Mulyono |
NIM | : | 140311808495 |
Program Studi | : | Magister Pendidikan Matematika |