Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP DAERAH Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan

Tujuan

  1. Untuk mengkaji jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan pada kelas VII SMP DAERAH Wuluhan di kabupaten Jember berdasarkan Newman error clasification.
  2. Menggali proses terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan.

 

Masalah Penelitian

  1. Apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan berdasarkan Newman error clasification?
  2. Bagaimanakah proses terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan Soal cerita pecahan?

 

Manfaat 

Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi beberapa kalangan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Bagi sekolah

Dapat memberikan pemikiran penyelesaian dari permasalahan yang dihadapi siswa terkait dengan kesulitan siswa dalam operasi bilangan pecahan sehingga dapat digunakan untuk upaya meningkatkan dan pengembangan pembelajaran.

  1. Bagi peneliti

Memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang permasalahan yang dihadapi siswa dan dapat menjadi bahan rujukan untuk melakukan penelitian selanjutnya.

  1. Bagi guru

Berguna untuk mengatasi permasalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan pecahan. Menganalisa letak dan mengetahui jenis kesalahan siswa agar dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi.

 

Nama Penguji dan Pembimbing

Penguji : 1. Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc

2. Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si. Ph.D

Pembimbing :

 

1. Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D

2. Dr. Sudirman, M.Si.


Biodata Diri

Nama : Edy Mulyono
NIM : 140311808495
Program Studi : Magister Pendidikan Matematika

edy-mulyono-pascasarjana-universitas-negeri-malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *