Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Retensi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kota Malang

 

Tujuan Penelitian

  • Mengetahui hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa pada pembelajaran berbasis PBL
  • Mengetahui besarnya sumbangan yang diberikan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa pada pembelajaran berbasis PBL

Manfaat

  1. Bagi siswa
  • Memperoleh pengalaman yang baru dalam proses belajar dengan model pembelajaran yang berbeda.
  • Meningkatkan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan retensi siswa.Bagi guru
  • Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja dan peran guru sebagai fasilitator, motivator dan mediator dalam proses pembelajaran.
  • Meningkatkan daya pikir dan kreativitas guru, serta mengembangkan keterampilan dan kecakapan guru dalam mengelola kelas.
  1. Bagi sekolah
  • Menjadi masukan untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan profesinya sebagai pendidik sekaligus peneliti yang professional.
  • Menjadi masukan untuk sekolah memberikan sumber belajar dan pengalaman belajar yang lebih kreatif dan inovatif untuk siswa.

Nama Penguji dan Pembimbing

Penguji : 1. Dra. Herawati Susilo, Ph. D, M.Sc.
2. Dr. Susriyati Mahanal, M. Pd.
Pembimbing : 1. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd.
2. Dr. Fatchur Rohman, M.Si.


Biodata Diri

Nama : Khofifatu Nurisya
NIM   : 140341807757
Program Studi  : Magister Pendidikan Biologi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *