Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Retensi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kota Malang
Tujuan Penelitian
- Mengetahui hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa pada pembelajaran berbasis PBL
- Mengetahui besarnya sumbangan yang diberikan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa pada pembelajaran berbasis PBL
Manfaat
- Bagi siswa
- Memperoleh pengalaman yang baru dalam proses belajar dengan model pembelajaran yang berbeda.
- Meningkatkan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis dan retensi siswa.Bagi guru
- Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kinerja dan peran guru sebagai fasilitator, motivator dan mediator dalam proses pembelajaran.
- Meningkatkan daya pikir dan kreativitas guru, serta mengembangkan keterampilan dan kecakapan guru dalam mengelola kelas.
- Bagi sekolah
- Menjadi masukan untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan profesinya sebagai pendidik sekaligus peneliti yang professional.
- Menjadi masukan untuk sekolah memberikan sumber belajar dan pengalaman belajar yang lebih kreatif dan inovatif untuk siswa.
Nama Penguji dan Pembimbing
Penguji | : | 1. Dra. Herawati Susilo, Ph. D, M.Sc. |
2. Dr. Susriyati Mahanal, M. Pd. | ||
Pembimbing | : | 1. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd. |
2. Dr. Fatchur Rohman, M.Si. |
Biodata Diri
Nama | : | Khofifatu Nurisya |
NIM | : | 140341807757 |
Program Studi | : | Magister Pendidikan Biologi |