Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sains Berbantuan Know-Want-Learn (KWL) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Ilmiah, Keterampilan Menulis Ilmiah, Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Probolinggo

Keterampilan memahami teks ilmiah dan menulis ilmiah bukanlah hal yang mudah bagi siswa. Teks ilmiah ditandai dengan kepadatan kosa kata yang tinggi sehingga dibutuhkan strategi untuk memahaminya, salah satunya dengan know-want-learn (KWL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi, 2) perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi, dan 3) perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model konfirmatori dengan mengendalikan variabel kovariat.

Penelitian ini menggunakan metode  nonrandomized control group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling.  Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori. Data hasil penelitian berupa nilai pretes dan postes keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi, keterampilan menulis ilmiah biologi, dan hasil belajar kognitif biologi.

Hasil uji Quade’s rank analysis of covariance data keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi menunjukkan bahwa nilai p = 0,01 < α (α = 0,05). Artinya ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori. Hasil uji anakova keterampilan menulis ilmiah menunjukkan bahwa Fhitung = 10,176 dengan nilai p = 0,002 < α (α = 0,05). Artinya ada perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori dengan variabel kovariat berpengaruh terhadap keterampilan menulis ilmiah biologi. Hasil uji anakova hasil belajar kognitif biologi menunjukkan bahwa Fhitung = 70,501 dengan nilai p = 0,000 < α (α = 0,05). Artinya ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori dengan kovariat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif biologi. Simpulan penelitian ini, yaitu (1) ada perbedaan keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori, (2) ada perbedaan keterampilan menulis ilmiah biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori dengan variabel kovariat berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman teks ilmiah biologi, dan (3) ada perbedaan hasil belajar kognitif biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri sains berbantuan KWL dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konfirmatori dengan variabel kovariat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif biologi.

NAMA PEMBIMBING DAN PENGUJI

PEMBIMBING I : Dr. Hadi Suwono, M.Si

PEMBIMBING II : Dr. Sueb, M.Kes

PENGUJI I            : Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd

PENGUJI II          : Dr. Endang Suarsini, M.Ked

BIODATA DIRI

NAMA                                                : NANIK NURLAELA, S.Pd

NIM                                                    : 140341808631

TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR: NGAWI, 13 APRIL 1985

JENIS KELAMIN                             : PEREMPUAN

AGAMA                                              : ISLAM

ALAMAT                                            : Jl. MASTRIP BLOK B NO 21 KOTA PROBOLINGGO

STATUS                                             : KAWIN

PEKERJAAN                                    : PNS

INSTANSI                                         : SMAN I KURIPAN, KABUPATEN PROBOLINGGO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *