Tesis Putri Arum Nilawati S2 Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Materi stoikiometri merupakan salah satu materi kimia yang dianggap relatif sulit oleh siswa dan bersifat abstrak sehingga dapat menyebabkan terjadi kesalahan konsep. Kesalahan konsep tentang materi stoikiometri banyak terjadi tetapi upaya untuk memperbaikinya dengan pembelajaran interkoneksi multipel representasi belum pernah dilakukan.
Tujuan dari penelitian adalah untuk: (1) mengidentifikasi kesalahan konsep siswa pada materi stoikiometri; (2) mengetahui keefektifan pembelajaran interkoneksi multipel representasi dalam memperbaiki kesalahan konsep stoikiometri; dan (3) mengetahui persistensi kesalahan konsep siswa pada materi stoikiometri dua minggu setelah pembelajaran interkoneksi multipel representasi.
Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi berbagai pihak, antara lain sebagai berikut. Bagi guru, dengan mengetahui dan ditemukannya kesalahan konsep pada materi stoikiometri, maka guru dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan memilih metode yang tepat untuk mengurangi kesalahan konsep tersebut. Bagi penulis buku, dapat memberikan masukan yaitu hendaknya dalam menulis buku memperhatikan dan memberikan penjelasan tentang materi yang sering dianggap sulit oleh banyak siswa serta selalu memperhatikan perkembangan ilmu.
Nama Penguji dan Pembimbing
Nama penguji:
- I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D, selaku penguji dari Dosen Program studi
- Suhadi Ibnu, M.A., Ph.D, selaku penguji dari Dosen Pendidikan
Nama Pembimbing:
- Dr. Subandi, M.Si selaku pembimbing I
- Yudhi Utomo, M.Si selaku pembimbing II
Biodata Diri Mahasiswa
Nama : Putri Arum Nilawati
Tempat/tanggal lahir : Balikpapan, 7 April 1990
Jenis kelamin : Wanita
Status : Menikah
Agama : Islam
Alamat di Malang : Jl. Galunggung No. 83
Alamat di Balikpapan : Jl. Taman Sepinggan No. 43 A Balikpapan
No. HP : 081235392334