Penerapan Guided Discovery Learning Berbasis Observasi Lapangan Pada Materi Kerusakan Lingkungan Hidup Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS3 SMA A. Wahid Hasyim Tebuireng Jombang
PENERAPAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS OBSERVASI LAPANGAN PADA MATERI
KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS 3 SMA A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG
Pembelajaran geografi dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan karena selalu identik dengan hafalan. Fasilitas yang kurang memadai dan guru yang terbiasa menggunakan metode pembelajaran yang sederhana juga berpengaruh terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Guru seharusnya lebih mengaitkan pembelajaran geografi dengan memanfaatkan lingkungan yang berada di sekitar sekolah. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, sungai menjadi salah satu laboratorium alam yang menarik bagi siswa untuk membantunya agar lebih mudah dalam menemukan konsep belajarnya sendiri. Oleh karena itu, pembelajaran guided discovery berbasis observasi lapangan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi dengan penerapan metode pembelajaran guided discovery berbasis observasi lapangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan guided discovery berbasis observasi lapangan. Pembelajaran guided dicovery berbasis observasi lapangan mengajak siswa untuk melakukan observasi secara langsung ke sungai yang berada di depan pabrik gula Cukir. Siswa dituntun untuk melakukan pengamatan dan penyelidikan berkaitan dengan rendahnya kualitas air sungai dan sebab akibat dari menurunnya kualitas air sungai tersebut.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 28 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data berupa angket dan observasi yang dinilai dengan teknik penskoran melalui lembar penilaian aktivitas siswa, serta hasil belajar melalui tes tertulis di setiap akhir siklus pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan persentase rata-rata perolehan skor aktivitas dan hasil belajar pada siklus I dengan siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dikatakan berhasil apabila analisis gain score mencapai kriteria minimal “sedang”.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 29,14% dengan kriteria aktif dan sangat aktif serta hasil belajar geografi juga mengalami peningkatan sebesar 11%. Selanjutnya peningkatan hasil belajar geografi siswa dengan gain score mencapai skor 0,4 dengan kriteria “sedang”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Guided Discovery Learning berbasis observasi lapangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
DAFTAR NAMA PEMBIMBING TESIS
NO. | NAMA DOSEN | JABATAN |
1. | Prof. Dr. Achmad Fatchan, M.Pd, M.P.
NIP. 19570715 198601 1002
|
Pembimbing I |
2. | Dr. I Nyoman Ruja, S.U.
NIP. 19611231 198812 1002
|
Pembimbing II |
DAFTAR NAMA PENGUJI TESIS
NO. | NAMA DOSEN | JABATAN |
1. | Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D
NIP. 19581116 198203 1002
|
Penguji Materi
(Prodi) |
2. | Dr. Achmad Amirudin, M.Pd.
NIP. 19580722 198403 1002
|
Penguji Pendidikan |
BIODATA DIRI
NAMA : IKA YUNITA INDRAWATI, S.Pd
NIM : 140721808531
TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR: JOMBANG, 06 JUNI 1985
JENIS KELAMIN : PEREMPUAN
AGAMA : ISLAM
ALAMAT : Dsn. NGAREN RT 001/004 Ds. PLOSOGENUK KEC. PERAK KAB. JOMBANG
STATUS : BELUM MENIKAH
PEKERJAAN : GURU SWASTA
INSTANSI : SMA A. WAHID HASYIM TEBUIRENG JOMBANG
bagaimana penerapan nya? apakah berhasil?