Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Anak Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar)

Pelaksanaan ujian tesis dengan judul “Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Anak Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Blitar) pada hari Senin, 25 Juli 2016 pukul 12.00. Judul yang diajukan berkaitan dengan bentuk pengembangan yang dilakukan oleh lingkungna siswa, yaitu keluarga dan sekolah dalam memfasilitasi kegiatan belajarnya. Saat ini pemilihan pekerjaan sebagai tenaga kerja Indonesia mulai banyak diminati oleh kalangan masyarakat berekonomi menengah ke bawah yang tidak memiliki skill serta berpendidikan setara sekolah menengah pertama dan atas. Pada umumnya kalangan ini berusia dewasa menengah dan memiliki anak usia sekolah dasar. Sejalan dengan itu, pendampingan terhadap proses serta perkembangan belajar anak yang ditinggalkan akan mengalami penurunan dikarenakan ketiadaan peran salah satu orang tua. Pemahaman orang tua sebagai tenaga kerja Indonesia yang berkiaitan dengan pendampingan anak juga sangat rendah. Sedangkan pada masa usia sekolah dasar perkembangan belajarnya akan lebih banyak membutuhkan pendampingan orangtua dan guru.

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengungkap makna pengembangan motivasi belajar yang difasilitasi oleh lingkungan siswa berprestasi anak tenaga kerja Indonesia yaitu orang tua dan guru. Penelitian ini berupaya memberikan gambaran pengembangan motivasi belajar siswa berprestasi yang merupakan anak dari tenaga kerja Indonesia yang difasilitasi oleh lingkungannya baik lingkungan rumah maupun sekolah. Setelah mengetahui motivasi belajar siswa berprestasi yang memiliki orang tua sebagai tenaga kerja Indonesia, diharapkan pendidik dan orang tua dapat menentukan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan siswa dalam rangka menunjang motivasi belajarnya.

Dewan Penguji:

  1. Dr. Cholis Sa’dijah, M. Pd, M. A.
  2. Dr. Fattah Hanurawan, M. Si, M. Ed.
  3. Dr. Hariyono, M. Pd.
  4. Dr. Budi Eko Soetjipto, M. Ed, M. Si.

Biodata Diri

Nama                                  :    Dian Fitri Nur Aini

NIM                                    :    142103807741

Prodi                                   :    Pendidikan Dasar

Tempat, tanggal lahir      :    Blitar, 22 Januari 1990

Jenis Kelamin                   :    Perempuan

Alamat                                :    Desa Papungan 2/1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *