PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini, yang akan dipresentasikan di dalam Seminar Nasional: Transformasi
Pendidikan Abad 21 untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar Bermutu dan
Berkarakter”, Sabtu, 6 Mei 2017, di Universitas Negeri Marang, mengambil topik:
“Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Numbered Head Together (NHT)
Dengan Model Make a Match Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema
Keberagaman Budaya Bangsaku Di Kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh”.
Sebagai latar belakang, penelitian ini akan melihat dinamika dan problematika dunia
pendidikan SD di Banda Aceh, serta melihat kebijakan-kebijakan preventif dan
partisipatif dalam memajukan sistem pendidikan SD di Banda Aceh yang sesuai
dengan kebijakan nasional, kondisi kebangsaan, dan nilai-nilai Syariat Islam. Secara
khusus, penelitian ini akan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dengan hasil belajar siswa
yang menggunakan model Make a Match pada Subtema Keberagaman Budaya
Bangsaku di kelas IV SD Negeri 2 Banda Aceh. Sedangkan tujuan dalam penelitian
ini untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui perbedaan Hasil Belajar Siswa
Model Numbered Head Together (NHT) dengan Model Make a Match pada Subtema
Keberagaman Budaya bangsaku di Kelas IV SD Negeri Negeri 2 Banda Aceh.
Untuk menjawab permasalahan penelitian, penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas I hingga kelas VI di SD Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 536 orang
tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini
adalah kelas IV-a yang menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan metode
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terdiri dari 33 orang siswa dan kelas
IV-b yang menjadi kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran Make a
Match terdiri dari 33 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Make a Match dapat
digunakan dalam proses belajar mengajar, khususnya dalam mengajarkan Tema
Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Hasil analisis
data yang dilakukan oleh penulis, nilai t lebih besar dari pada nilai �(1−𝛼) nilai t = -
0,22 sedangkan nilai �(1−𝛼) = 2,00, hal ini menunjukan bahwa nila t - hitung < t-
tabel, sehingga dapat di disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi
belajar siswa melalui model Numbered Head Together dan Make a match pada tema
indahnya kebersamaan Sub Tema keberagaman budaya bangsaku Kelas IV SD
Negeri 2 Banda Aceh, disebabkan karena kedua model pembelajaran tersebut dapat
diterapkan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Crow, Karim D. 2000. Aceh, The Special Territory in North Sumatera: A Self-
Fulfilling Promise?, Journal of Muslim Minority Affairs, Vol.20, No.1, 2000.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: BA.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, Dr.&Dr. Cut Morina Zubainur. 2015. Integrative Curriculum in Teaching
Science in the Elementary School, Researchers World: Journal of Arts,
Science, and Commerce, Vol.VI, Oct 4, 2015.
Kunandar.2007.Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat
SatuanPendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Belajar
Muhibbinsyah. 2003. Cooperative Learning. Jakarta: Grapindo Persada
Nasution, Ali Mhd. 2005. Alternatif Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial. Jakarta: Depdiknas.
Philipus, dkk. 2004. Sosiologi dan Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Poerwadarminto, (1999), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,
Poerwanti, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Grapindo Persada
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ridwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru – Karyawan dan peneliti
pemula. Bandung: Alfabeta
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Kaifa.
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY press
Sugiyanto, (2008). Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: PT Raja
Grapindo Persada
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka
Trianto.2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada
Umar arsyad dkk. 2004. Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.