PENGEMBANGAN SUMBERDAYA INSANI PROFESIONAL BERKARAKTER ABAD 21
Abstract
pengembangan sumberdaya insani (SDI) guru profesional berkarakter dan
merumuskan karakteristik guru abad 21. Penelitian ini dilakukan melalui review
jurnal secara kualitatif dari hasil penelitian penulis dan hasil-hasil penelitian para
ahli pendidikan. Artikel ini ditujukan kepada tenaga edukatif khususnya guru di
Indonesia. Pengembangan profesional guru merupakan hal yang fundamental untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Pengembangan profesional dapat dilakukan secara
mandiri dan melalui pembinaan oleh lembaga yang memiliki kewenangan.
Pengembangan profesional merupakan cara yang dilakukan pendidik sebagai upaya
menguatkan profesi secara berkelanjutan. Pemerintah, organisasi profesi, dan
perguruan tinggi bertanggungjawab dalam pembinaan profesional guru. Pembinaan
ketiga lembaga tersebut berpengaruh kuat dengan melakukan koordinasi dan
komunikasi secara efektif.
Karakteristik pendidik abad 21 yaitu memiliki empat standar kompetensi guru,
memiliki kecakapan bersosial dan berkarakter mulia, mampu mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menjadi anggota organisasi
profesi, serta melibatkan diri pada publikasi ilmiah. Nilai karakter mulia merupakan
kepribadian guru yang diimplementasikan pada pembelajaran di sekolah.
Penanaman karakter mulia kepada peserta didik efektif dilakukan dengan memberi
keteladanan bersikap dan berbuat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AACTE. September 2010. 21st
Century Knowledge and Skills in Educator
Preparation. New York: National Education Association.
Agtasiaputri, C., Sarwi, S. & Sugiyanto. 2015. Penerapan Guided Inquiry sebagai
Upaya Penguatan Pemahaman Konsep dan Pengembangkan Nilai Karakter
Konservasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional pada tanggal 28 Nopember
, FMIPA Universitas Negeri Semarang
Bell, D.V.J. 2016. Twenty-first Century Education: Transformative Education for
Sustainability and Responsible Citizenship. Journal of Teacher Education
for Sustainability, 18(1): 48-56
Bendhart, P.E. 2015. 21st Century Learning: Professional Development in Practic.
The Qualitative Report, 20(1), article 1: 1-19 http://www.nova.edu/ssss/QR/QR20/1/bernhardt1.pdf
Buchori, M. 2007. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSIST Press.
Bush, T. & Middlewood, D. 2005. Leading and Managing People in Education.
California: SAGE Publications Inc.
BPSDMPK & PMK, 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru, Materi PLPG
Jakarta: Kemendikbud.
Castetter, W.B. 1991. The Personal Function in Educational Administration. New
York: Mc William Publishing, Co Inc.
Djuwita, T.M. 2004. Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi dan Motif
Berprestasi terhadap Produktivitas Kerja. Bandung: Pascasarjana UPI
Engkoswara. 1987. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Dirjendikti
Depdikbud
Handoyo, E. & Tijan. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi
Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: Widya Karya.
Khuanwang, W., Lawthong, N. & Suwanmonkha, S. 2016. Development of
evaluation standarts for professional experiential training of student
teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217: 878-886
Masyhud, H.M.S. 2014. Manajemen Profesi Kependidikan. Yogayakarta: Kurnia
Kalam Semesta.
Montanari, J.R., Morgan, C.P. & Bracker, J.S. 1990. Strategic Management.
Chicago: Dryden Press
Nisjar, K.M. 1997. Manajemen Stratejik. Bandung: Mandar Maju
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Bandung: Prenada Media Group
Sarwi, S. 2016. Model pembinaan profesional guru sebagai upaya mendongkrak
mutu lulusan. Prosiding pada Seminar Nasional dan Forum Pascasarjana
LPTK Negeri Se-Indonesia pada 7-9 Oktober 2016, Universitas Negeri
Gorontalo
Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2015. Utilization of the guided inquiry
learning model to develop students conservation character. Proceeding of
nd international conference on mathematics, science, and education 2015.
Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2016. Implementation of guided inquiry
physics instruction to increase an understanding concept and to develop the
students' character conservation. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12
(1): 1-7
Suminarsih, 2015. Peningkatkan Perolehan Angka Kredit Guru Melalui
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. LPMP Jawa Tengah
The Ontario Public Service. 2016. 21st
Century Competencies for Ontario.
Ontario Government Service Canada
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.