PENGEMBANGAN SUMBERDAYA INSANI PROFESIONAL BERKARAKTER ABAD 21

Sarwi Sarwi

Abstract


Tujuan penulisan artikel adalah menemukan strategi pembinaan dalam
pengembangan sumberdaya insani (SDI) guru profesional berkarakter dan
merumuskan karakteristik guru abad 21. Penelitian ini dilakukan melalui review
jurnal secara kualitatif dari hasil penelitian penulis dan hasil-hasil penelitian para
ahli pendidikan. Artikel ini ditujukan kepada tenaga edukatif khususnya guru di
Indonesia. Pengembangan profesional guru merupakan hal yang fundamental untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Pengembangan profesional dapat dilakukan secara
mandiri dan melalui pembinaan oleh lembaga yang memiliki kewenangan.
Pengembangan profesional merupakan cara yang dilakukan pendidik sebagai upaya
menguatkan profesi secara berkelanjutan. Pemerintah, organisasi profesi, dan
perguruan tinggi bertanggungjawab dalam pembinaan profesional guru. Pembinaan
ketiga lembaga tersebut berpengaruh kuat dengan melakukan koordinasi dan
komunikasi  secara efektif.   
Karakteristik pendidik abad 21 yaitu memiliki empat standar kompetensi guru,
memiliki kecakapan bersosial  dan berkarakter mulia, mampu mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menjadi anggota organisasi
profesi, serta melibatkan diri pada publikasi ilmiah. Nilai karakter mulia merupakan
kepribadian guru yang diimplementasikan pada pembelajaran di sekolah.
Penanaman karakter mulia kepada peserta didik efektif  dilakukan dengan memberi
keteladanan bersikap dan berbuat.

Keywords


pengembangan profesional; sumberdaya insani; profesional; karakter

Full Text:

PDF

References


AACTE. September 2010. 21st

Century Knowledge and Skills in Educator

Preparation. New York: National Education Association.

Agtasiaputri, C., Sarwi, S. & Sugiyanto. 2015. Penerapan Guided Inquiry sebagai

Upaya Penguatan Pemahaman Konsep dan Pengembangkan Nilai Karakter

Konservasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional pada tanggal 28 Nopember

, FMIPA Universitas Negeri Semarang

Bell, D.V.J. 2016. Twenty-first Century Education: Transformative Education for

Sustainability and Responsible Citizenship. Journal of Teacher Education

for Sustainability, 18(1): 48-56

Bendhart, P.E. 2015. 21st Century Learning: Professional Development in Practic.

The Qualitative Report, 20(1), article 1: 1-19 http://www.nova.edu/ssss/QR/QR20/1/bernhardt1.pdf

Buchori, M. 2007. Evolusi Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: INSIST Press.

Bush, T. & Middlewood, D. 2005. Leading and Managing People in Education.

California: SAGE Publications Inc.

BPSDMPK & PMK, 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru, Materi PLPG

Jakarta: Kemendikbud.

Castetter, W.B. 1991. The Personal Function in Educational Administration. New

York: Mc William Publishing, Co Inc.

Djuwita, T.M. 2004. Strategi Pengembangan Dosen Perguruan Tinggi dan Motif

Berprestasi terhadap Produktivitas Kerja. Bandung: Pascasarjana UPI

Engkoswara. 1987. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Dirjendikti

Depdikbud

Handoyo, E. & Tijan. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi

Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: Widya Karya.

Khuanwang, W., Lawthong, N. & Suwanmonkha, S. 2016. Development of

evaluation standarts for professional experiential training of student

teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 217: 878-886

Masyhud, H.M.S. 2014. Manajemen Profesi Kependidikan. Yogayakarta: Kurnia

Kalam Semesta.

Montanari, J.R., Morgan, C.P. & Bracker, J.S. 1990. Strategic Management.

Chicago: Dryden Press

Nisjar, K.M. 1997. Manajemen Stratejik. Bandung: Mandar Maju

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Bandung: Prenada Media Group

Sarwi, S. 2016. Model pembinaan profesional guru sebagai upaya mendongkrak

mutu lulusan. Prosiding pada Seminar Nasional dan Forum Pascasarjana

LPTK Negeri Se-Indonesia pada 7-9 Oktober 2016, Universitas Negeri

Gorontalo

Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2015. Utilization of the guided inquiry

learning model to develop students conservation character. Proceeding of

nd international conference on mathematics, science, and education 2015.

Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Sarwi, S., Sutardi, & Prayitno, W.W. 2016. Implementation of guided inquiry

physics instruction to increase an understanding concept and to develop the

students' character conservation. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12

(1): 1-7

Suminarsih, 2015. Peningkatkan Perolehan Angka Kredit Guru Melalui

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. LPMP Jawa Tengah

The Ontario Public Service. 2016. 21st

Century Competencies for Ontario.

Ontario Government Service Canada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.