NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM TARIAN ADAT SUKU MENTAWAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) profil kehidupan sosial budaya
suku Mentawai; (2) jenis-jenis tarian adat suku Mentawai; (3) cakupan nilai-nilai
pendidikan karakter yang terkandung dalam tarian adat suku Mentawai dan; (4)
pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan karakter melalui
tarian adat suku Mentawai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
yang dianalisis melalui teknik wawancara, pengamatan, dan telaah dokumen. Hasil
penelitian yang diperoleh adalah; (1) profil kehidupan sosial budaya suku Mentawai
dapat terlihat dari kebiasaan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi kearifan
budaya yang diekspresikan dalam aktivitas-aktivitas sehari-hari; (2) jenis-jenis tarian
adat suku Mentawai dikategorikan dalam dua bagian yaitu turuk sikerei dan turuk
simata; (3) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tarian adat suku
Mentawai mencakup; (a) mensyukuri anugerah Tuhan, (b) mencintai seluruh mahkluk
ciptaan Tuhan, (c) mandiri, jujur, dan bertanggungjawab, (d) peduli sesama, mentaati
peraturan dan norma-norma, (e) disiplin dan pekerja keras, (f) berlaku baik, rendah
hati, hormat, dan sopan; (g) bersahabat dan mendatangkan kebahagiaan; (4)
pendekatan yang digunakan dalam proses pendidikan karakter melalui tarian adat
suku Mentawai adalah pendekatan holistik (holistic approach).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nasrudin, Iyus Herdiana, & Nif’an Nazudi.
Pengembangan Model Mata Pelajaran Muatan Lokal Berbasis
Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter di Sekolah Dasar Provinsi
Bengkulu. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. IV. (Online) diakses 30 April
Hernawati, Tarida. 2007. Uma: Fenomena
Keterkaitan Manusia dengan Alam. Padang: Yayasan Citra Mandiri.
Ikhwanuddin. 2012. Implementasi
Pendidikan Karakter Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Perkuliahan.
Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun II (2). (Online) diakses 30 April 2017.
Kertajaya, H. 2010. Grow with Character:
The Model Marketing. Jakarta: Gramnedia Pustaka Utama.
Savage, T.V., & Armstrong, D.G. 1996.
Effective Teaching in Elementary Social Studies. New York: Merril an
Imprint of Prentie Hall.
Kemendiknas. 2011. Panduan
Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Elektronik Book, (Online) diakses 30
April 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISBN: _________________________
Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.