PENANAMAN NILAI TANGGUNGJAWAB DAN KERJASAMA MELALUI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MODEL INKUIRI

Angga Puspita, Sugeng Utaya, I Nyoman Ruja

Abstract


Berbagai macam degradasi moral dapat dilihat melalui aktivitas pembelajaran. Pendidikan karakter menjadi alat ampuh dalam menanamkan nilai karakter yang sesuai dengan nilai kebangsaan. Pendidikan karakter merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk menanamkan nilai pada manusia sehingga manusia menjadi manusia seutuhnya. Geografi menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat berperan serta menanamkan nilai karakter kepada siswa. Geografi yang notabena selalu berkaitan dengan lingkungan dapat menjadikan siswa memiliki nilai tanggungjawab dalam melestarikan lingkungan. Pembelajaran geografi dalam rangka memberikan pendidikan karakter, akan lebih mudah jika dilakukan dengan mengaplikasikan model pembelajaran. Model Inkuiri menjadi salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran geografi untuk  menanamkan nilai karakter. Selain tanggungjawab, nilai yang dapat ditanamkan melalui pembelajaran geografi dengan model Inkuiri adalah kerjasama. Melalui kerjasama siswa dapat melatih diri untuk bersikap toleran dan demokrasi. Melalui kerjasama pula siswa dapat menanamkan jiwa sosial di dalam diri sehingga siswa mampu hidup dengan baik di lingkungan sekolah, tempat tinggal, maupun tempat bekerja di masa depan.

Keywords


Pendidikan karakter; pembelajaran geografi; Inkuiri; tanggungjawab; kerjasama

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika aditama. Armstrong, Thomas. 2006. The Best School: How Human Development Research Should Inform Educational Practice. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development. Bandarusin. Utaya, Sugeng. Budijanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Proses dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan. (1). 2292-2299. Albertus, Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo.

Djamarah, S. B & Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Eggen, P. D. And Kauchack, Donald P. 1996. Strategies for Teachers Teaching Content and Thinking Skills. Boston: Allyn and Bacon. Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-ruzz Media. Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing. Hamid, Moh Sholeh. 2011. Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press. Hamzah, Syukri. 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar. Bandung: Refika Aditama. Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Penerapan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di RuangRuang Kelas. Jakarta: PT.Gransindo. Majid, Abdul. 2010. Peranan Pendidik dalam Upaya Membentuk karakter Peserta Didik dalam Prosiding “Kualitas Manusia Indonesia: Upaya Peningkatan Pendidikan Karakter Bangsa” Pertemuan Majelis Guru Besar/Dewan Guru Besar. Yogyakarta: UGM. Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat Membangun Bangsa. Jakarta: BPMIGAS. Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sudani, Ni Ketut., Suami, Ni Ketut., Setuti, Ni Made. 2013. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Permodelan untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. http://ejournal.undiksha.ac.id/. Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing. Thomas, Lickona. 1992. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books. Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi Wahjoedi. 1989. Kondisi Lingkungan Kampus, Pengetahuan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup danModernitas Individu Dalam Mempengaruhi Sikap terhadap Perencanaan Pola Keluarga: Suatu Survei Pada Mahasiswa Kependidikan di Malang Jawa Timur 1987. Disertasi. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana. Zuchdi, D & Ode, Sismono La. 2013. Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press. Zuriah, Nurul. (2011). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Prerspektif perubahan. Jakarta: PT Bumi aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.