PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Alfiansyah Alfiansyah, Darin Fouryza, Yeny Silviani

Abstract


Pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih belum berjalan secara maksimal. Kebanyakan pendidik kurang memahami sistem pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran yang ada di lapangan hanya menggunakan buku paket dan buku guru tanpa adanya media penunjang yang lain. Padahal, di era modern sekarang ini banyak sekali media yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu proses pembelajaran di kelas. Guru dapat menggunakan media yang sudah ada atau dengan membuat sendiri media yang lebih inovatif. Pembelajaran di kelas tersebut tentunya tidak hanya difokuskan pada pengembangan intelektual siswa saja. Akan tetapi juga harus mampu mengembangkan karakter siswa yang lebih baik. Pada umumnya, Karakter merupakan hal yang bersifat abstrak bagi siswa Sekolah Dasar, sehingga dibutuhkan media yang mampu mengabstraksi dan mengembangkan karakter mereka, salah satunya adalah komik. Dalam media komik terdapat karakter-karakter yang baik, dengan adanya karakter-karakter baik ini nantinya dapat diabstraksi oleh siswa untuk ditirukan dikehidupan nyata. Agar pelaksanaan media tersebut berjalan efektif, guru dapat memadukan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantu media pembelajaran komik agar  siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Pada pendekatan saintifik, terdapat langkah-langkah kegiatan yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Peran guru dalam hal ini hanyalah sebagai fasilitator, sehingga penekanan lebih besar kepada siswa untuk aktif dan mandiri dalam proses pembelajaran. Untuk mendukung pernyataan ini, terdapat penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Qurniawati (2012) tentang “Pengembangan Media Komik Pembelajaran Tematik untuk Menanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa Kelas II SD Negeri Deresan Yogyakarta”, didapatkan hasil bahwa media komik dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam proses pembelajaran serta sebagai penanaman nilai kejujuran pada siswa sejak usia dini. Dengan demikian penggunaan pendekatan saintifik melalui media pembelajaran komik dapat membentuk karakter siswa Sekolah Dasar, sehingga mampu memfungsinya ketiga aspek penting dalam tujuan sistem pendidikan nasional yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.

Keywords


pendekatan saintifik; media pembelajaran komik; karakter siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai - Karakter. Jakarta: PT Raja Grafido Persada. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media Hengkang Bara Saputro, Soeharto. 2015. Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. (Online), (http:// journal.uny.ac.id, diakses 20 April 2017) Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia. Ira Riyansari. 2014. Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Tingkat Pemahaman dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vii SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun 2013/2014. (Online), (http eprints.ums.ac.id, diakses 20 April 2017)

Lickona, Thomas. (1991). Educating fot Character. How Our Schools can Theach Respect and Responsibility. New York: Batam Books. Musclish, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara. Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Publisher. Muslich, M. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara Qurniawati. 2012. Pengembangan Media Komik Pembelajaran Tematik untuk Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Siswa Kelas II SD Negeri Deresan Yogyakarta. (Online), (http:// journal.uny.ac.id, diakses 20 April 2017) Sadiman, Arief. 2010. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.