MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD

Yanuarius Bria Seran, Edy Bambang Irawan, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


Pembelajaran dikelas membutuhkan model yang sesuai dengan kultur siswa. Model pembelajaran tersebut merupakan upaya untuk mengatasi masalah siswa yang selama ini lebih difokuskan pada guru. Siswa sebaiknya memiliki peran aktif, agar pembelajaran lebih interaktif. Model pembelajaran yang menjadi rujukkan dalam makalah ini adalah model bermain peran (role playing). Model role playing merupakan model yang berharga dalam menciptakan suasana yang bermakna. Model role playing memberikan atmosfir yang aman bagi siswa untuk berpikir dan bereksperimen dengan perilaku serta memiliki keterampilan baru. Hal ini dikarenakan siswa secara aktif terlibat dalam peran mereka sehingga pembelajaran menjadi komprehensif (holistik) yang melibatkan emosi, psikomotorik, dan kognitif siswa. Model role playing mengarahkan siswa untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah hubungan antar manusia, terutama menyangkut kehidupan sosial siswa. Selain itu, role playing berusaha membantu individu untuk memahami perannya sendiri dan peran yang dimainkan orang lain sambil memahami perasaan, sikap, dan nilai yang mendasarinya. Keaktifan siswa dapat difasilitasi melalui sebuah media. Media yang digunakan dalam makalah  ini adalah media gambar seri. Media gambar seri adalah salah satu media visual yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Sarana menyalurkan dapat digunakan dengan indera penglihatan. Pesan tersebut disampaikan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Secara khusus, media gambar berfungsi menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan fakta yang secara cepat dilupakan atau diabaikan jika tidak digrafiskan sehingga tujuan yang ingin dicapai secara optimal. Makalah ini akan mendeskripsikan bagaimana model role playing berbantuan media gambar seri meningkatkan hasil belajar di kelas V SDI Betun Kota Kabupaten Malaka.

Keywords


Model Role Playing; Media Gambar Seri; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arief. S. S. 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada. Arif. 2010. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan empati pada siswa MI Yaspuri Malang. UM Ashar, A. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Ashar, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada Belova et.al. 2013. The Evaluation Of Role-Playing In The Context Of Teaching Climate Change. International Journal of Science and Mathematics Education. 13 (Suppl 1): S165-YS190.

Chesler, M., & Fox, R. 1966. Role Playing methods in the classroom. Chicago, IL: Science Research Associates. Edmonds & Killen. 2009. Do Adolescents’ Perceptions of Parental Racial Attitudes Relate to Their Intergroup Contact and Cross-Race Relationships?. Group Processes & Intergroup Relations. Vol 12(1) 5–21 Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Alumni Hamalik, O. 2003. Proses belajar mengajar. Bandung: CV. Mandar Maju. Indrawati & Setiawan, Wanwan. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program Bermutu. Joice, B. & Weil, M. 2003. Models of Teaching. New Delhi: Prentice Hall Inc Rivera, A. S. 2014. Role Playing in Physical Education to Teach in the Affective Domain. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 85:2, 41-43 Sani, A. R. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Shaftel, F., & Shaftel, G. 1967. Role playing of social values: Decision making in the social studies. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall. Sudjana, N. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


ISBN: _________________________

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.